Solusi Inovatif TejeSLBU Dukung Kesejahteraan Masyarakat

Kabiro Perekonomian Setda Provinsi Sumut, Poppy Marulita Hutagalung.
Sumber :
  • Istimewa/VIVA Medan

VIVA Medan – Kepala Biro Perekonomian Sekretariat Daerah (Setda) Provinsi Sumatera Utara, Dr. Poppy Marulita Hutagalung ST., MT mendorong solusi yang inovatif melalui kegiatan Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan Badan Usaha (TejeSLBU).

Poppy menjelaskan dalam rangka memperkuat peran badan usaha dalam pembangunan yang berkelanjutan Pemerintah Provinsi Sumatera Utara meluncurkan kegiatan inovatif TejeSLBU.

"Kegiatan ini diharapkan menjadi solusi strategis untuk mendukung kesejahteraan masyarakat dan pembangunan yang berkelanjutan di wilayah Sumatera Utara," ucap Poppy dalam keterangannya, Minggu 22 September 2024.

Poppy menjelaskan bahwa tejeSLBU Sumut hadir sebagai bentuk sinergi antara pemda, badan usaha, dan masyarakat. Kemudian, menyadari pentingnya keterlibatan aktif dari berbagai pemangku kepentingan, termasuk Badan Usaha Milik Daerah (BUMD) dan perusahaan swasta.

"Dalam upaya mencapai tujuan pembangunan berkelanjutan TejeSLBU Sumut akan menjadi platform untuk mengoordinasikan dan memfasilitasi peran badan usaha dalam mendukung program-program sosial, lingkungan, dan ekonomi," kata Poppy.

Poppy mengungkapkan latar belakang dari inisiatif ini dilandasi oleh pengamatan bahwa pelaksanaan tanggung jawab sosial badan usaha di Sumut sebelumnya cenderung kurang terintegrasi, berkelanjutan, dan minus data maupun informasi secara publik.

Dengan itu, Poppy mengatakan melalui tejeSLBU Sumut, Pemerintah Provinsi Sumut berupaya memperbaiki koordinasi antar badan usaha dengan forum CSR kesejahteraan sosial, pemerintah provinsi, dan pemerintah kabupaten/kota.