Bawaslu Launching Pemetaan Kerawanan Pilkada 2024 di Provinsi Sumut

Bawaslu Sumut launching pemetaan kerawanan Pemilihan Tahun 2024.
Sumber :
  • BS Putra/VIVA Medan

VIVA Medan - Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) Sumatera Utara menggelar Launching Pemetaan Kerawanan Pemilihan Tahun 2024 Provinsi Sumut, berlangsung di Hotel Karibia Boutiqe, Kota Medan, Kamis 18 September 2024.

Acara ini, langsung dihadiri Ketua Bawaslu Sumut, M Aswin Diapari Lubis beserta jajaran seperti Suhadi Sukendar Situmorang, Romson Paskoro Purba, dan Payung Harahap, Pj Gubernur Sumut, Agus Fatoni diwakili Asisten Pemerintahan dan Kesra Setdaprovsu, Basarin Yunus Tanjung. Kemudian, juga dihadiri Ketua KPU Sumut, Agus Arifin beserta jajaran, organisasi media/pers dan unsur Forkopimda Sumut serta simpul partisipatif dari masyarakat sebagai pengawas Pemilu.

Dalam sambutannya, Ketua Bawaslu Sumut, M Aswin Diapari Lubis, mendorong pihaknya dan Bawaslu Kabupaten/Kota serta stekholder terkait, dalam melakukan antisipasi dan pencegahan kerawanan Pilkada serentak 2024, di Sumut ini. "Kami melakukan pemetaan kerawanan Pemilu ini, dengan membuat program-program dalam pencegahan dan antisipasi kerawanan yang harus dilakukan oleh Bawaslu pusat, provinsi hingga Kabupaten/Kota," sebut Aswin.

Bawaslu Sumut mengajak peran partisipatif dalam pelaksanaan Pemilihan 2024 secara jujur, adil, bebas dan langsung. Sehingga menghasilkan demokrasi yang bermartabat di Pilkada serentak di Sumut ini.

"Di sini perlu kami sampaikan, bahwa kerawanan tertinggi, sedang atau rendahnya. Bukan untuk mendiskriminasikan suatu daerah. Tetapi hasil pemetaan ini, hendaknya menjadi peningkatan dini bagi semua pihak, untuk dapat sama-sama mengantisipasi. Sehingga apa yang dianggap kerawanan dapat dilakukan antisipasi," kata Aswin.

Sebelumnya, Asisten Pemerintahan dan Kesra Setdaprovsu, Basarin Yunus Tanjung mengatakan Pemerintahan Provinsi (Pemprov) Sumut mengapresiasi langkah-langkah dilakukan Bawaslu Sumut, dalam melakukan antisipasi dan pencegahan kerawanan Pilkada Serentak 2024, di Sumut ini.

"Kiranya dana hibah ini dapat dikelola dengan baik dan penuh tanggungjawab, terutama bagi jajaran Bawaslu dalam upaya melaksanakan pengawasan pesta demokrasi ini. Pilkada serentak 2024 merupakan agenda nasional yang harus kita sukseskan bersama," ucap Basarin membacakan kata sambutan Pj Gubernur Sumut, Agus Fatoni dalam acara itu.