Kontingen Sumut Sukses Tambah Emas di Peparnas, Cabor Angkat Berat, Renang dan Anggar

Atlet anggar NPC Sumut saat bertarung di Peparnas XVII/2024.
Sumber :
  • Istimewa/VIVA Medan

VIVA Medan - Atlet asal Sumut kembali menorehkan prestasi gemilangya dengan menyabet medali emas dari sejumlah cabang olahraga (Cabor) di Pekan Paralimpiade Nasional (Peparnas) XVII tahun 2024, di Kota Solo. Torehan medali emas itu, cabor angkat berat, renang, anggar.

Semuanya diperoleh dalam pertandingan berlangsung, Jumat kemarin, 11 Oktober 2024. Lifter putri Sumut, Nurtani Purba mampu pecahkan rekor di final kelas 70 kilogram putri, Nurtani mampu mencatatkan angkatan terbaik 106 kilogram. Catatan Nurtani memecahkan rekor atas namanya sendiri di Peparnas 2021 Papua yakni 97 kilogram.

Dia sukses melakukan tiga percobaan dengan baik tanpa kesalahan. Nurtani pun berhak meraih emas dengan angkatan terbaik. Sedangkan medali perak direbut lifter Jawa Barat, Dina Mariana dengan angkatan 90 kilogram. Sedangkan perunggu direbut Yulianti asal Jambi dengan angkatan 82 kilogram.

Usai pengalungan medali, lifter berusia 43 tahun itu mengucap syukur karena bisa pertahankan medali emas. Dirinya juga sangat terharu karena selama latihan dirinya tidak pernah berhasil mengangkat 106 kilogram. "Ini mukjizat Allah untuk anak-anak saya. Aku ingat suamiku. Dia gak ada lagi, harus kuat aku. Itu yang aku perjuangkan. Biasanya aku cuma angkat 100 kilogram itu sudah berat," ujar Nurtani.

Kontingen NPC Sumut untuk mengikuti Peparnas XVII Tahun 2024 Solo.

Photo :
  • Dok Pemprov Sumut

Cabor para angkat berat Sumut total sudah mendulang 5 emas dan 3 perak. Torehan ini tentu sudah hampir mendekati target awal. Pelatih para angkat berat Sumut, Syafruddin mengatakan peluang emas masih terbuka di dua kelas tersisa. Mereka yakni Anto Boy dan Chandra. "Kita upayakan dua atlet ini bisa istirahat yang cukup dan fokus pada penampilan nanti. Kalau lima emas sebenarnya sudah tercapai ya targetnya, tapi kita masih punya peluang besar," ucapnya.

Sebelumnya, Tambi Sibarani yang turun di kelas under 80 kilogram putra juga meraih medali emas sekaligus pecah rekor Peparnas dengan angkatan 174 kilogram. Cabang olahraga para renang Sumut kembali menambah satu medali emas di perlombaan yang berlangsung di Kolam Renang Intan Pari, Karanganyar pada Jumat siang.