Tinjau Bendungan Lau Simeme, Kapolda Sumut: Proyek Ini Bermanfaat Bagi Masyarakat

Kapolda Sumut, Irjen Pol Agung Setya Imam Effendi.
Sumber :
  • Dok Polda Sumut

VIVA Medan - Balai Besar Wilayah Sungai (BWS) Sumatera II, masih terus melakukan pengerjaan pembangunan proyek bendungan Lau Simeme yang berada di Kecamatan Biru Biru, Kabupaten Deliserdang, Sumatera Utara.

Peredaran Pil Ekstasi di Diskotek SS Diungkap Polres Binjai, 2 Pengedar Ditangkap

Tujuan dari proyek itu sangat besar mendatangkan multi manfaat bagi masyarakat, bukan hanya menampung air hujan dan mencegah banjir Namun, bendungan itu nantinya bisa menjadi sumber utama pembangkit listrik, jaringan irigasi petani dan menjadi sumber air bersih, destinasi wisata serta olahraga air.

Ada banyak manfaat lain dari pembangunan bendungan Lau Simeme baik untuk lingkungan, ekonomi, maupun kehidupan sosial masyarakat sekitar diantaranya menjaga kualitas air, dengan menahan sedimen dan limbah yang berasal dari daerah hulu sungai.

Harga Gula Meroket, Ini Kata Kadis Perindag ESDM Sumut

Pengairan pertanian, Air yang disimpan di dalam bendungan, dapat dialirkan ke lahan pertanian melalui sistem irigasi, sehingga dapat membantu meningkatkan produktivitas pertanian.

Pembangunan Bendungan Lau Simeme di Kecamatan Biru Biru, Deliserdang.

Photo :
  • Dok Polda Sumut
Baru Dilantik Pj Bupati Deliserdang, Wiriya Alrahman Diwarisi Utang Rp200 Miliar

Hal ini dapat membantu meningkatkan kesejahteraan petani, dan meningkatkan produksi pangan. Manfaat lainnya adalah pengendalian kekeringan dimana bendungan dapat memastikan pasokan air yang cukup untuk keperluan masyarakat terutama untuk air minum dan pertanian.

Bendungan juga bermanfaat menahan banjir bandang yang terjadi akibat cuaca ekstrem, seperti hujan lebat dan longsor. Pembangunan waduk yang menelan anggaran Rp 1,7 triliun itu dibangun melalui dua paket pekerjaan, yakni Paket 1 dikerjakan kontraktor PT Wijaya Karya-PT Bumi Karsa (KKSO.

Halaman Selanjutnya
img_title