Sikapi Pilpres, Effendi Simbolon : yang Menang Merangkul yang Kalah

Ketua Umum PSBI, Dr Effendi Muara Sakti Simbolon.
Sumber :
  • Istimewa/VIVA Medan

VIVA Medan - Ketua Umum Punguan Simbolon dohot Boruna Indonesia (PSBI), Dr Effendi Muara Sakti Simbolon, mengajak masyarakat, untuk sabar dan menunggu hasil rekapitulasi serta keputusan KPU RI, dalam penetapan hasil suara Pemilihan Presiden (Pilpres) 2024.

Jelang Putusan MK Soal Pilpres 2024, Edy Rahmayadi: Nanti Malam Tahajud

Anggota DPR RI itu, menjelaskan bahwa hasil Pilpres pada Pemilu 2024 ini, masih dilakukan penghitungan berjenjang, dari PPK ke KPU Kabupaten/Kota hingga ditetapkan KPU RI pada Maret 2024.

“Soal hasil Pilpres, kita tahu semua quick count maupun real count belum jadi ukuran. Nanti ada hitung manual yang dilakukan secara berjenjang di tanggal 20 Maret 2024,” sebut Effendi Simbolon, di Pesta Bona Taon PSBI 2024, di Sopo Bolon HKBP Pangururan, Kabupaten Samosir, Selasa 27 Februari 2024.

Golkar antara Ijeck dan Bobby di Pilgubsu, Pengamat Sorot Kepentingan Elit Jakarta

Pemilih menggunakan hak suara pada Pemilu 2024.

Photo :
  • Istimewa/VIVA Medan

Namun begitu, Effendi berpandangan hasilnya kurang lebih tidak akan jauh berbeda. Menurutnya, wajar saja ada pasangan-pasangan Capres dan Cawapres yang tidak bisa menerima hasil tersebut.

Pelari Indonesia, Malaysia hingga USA Siap Bertarung di Trail of The Kings Danau Toba 2024

“Kalau kita sering mengatakan siap kalah siap menang, itu sebenarnya hanya jargon saja, enggak ada orang yang siap kalah,” sebutnya.

Tapi, lanjut Effendi, yang juga anggota DPR RI Komisi 1, siapapun yang menang hendaknya juga bisa merangkul yang kalah, dan yang kalah juga harus legowo.

Halaman Selanjutnya
img_title