Harga Melambung Tinggi, Pj Gubsu Jamin Stok Beras di Sumut Aman : Tercukupi dan Surplus

Pekerja sedang mengangkat beras di kilang padi.
Sumber :
  • Istimewa/VIVA Medan

VIVA Medan - Penjabat (Pj) Gubernur Sumatera Utara (Gubsu), Hassanudin memastikan hingga saat ini stok beras di Sumut, masih aman. Pelaksanaan panen padi di daerah ini juga tidak terganggu dan tepat waktu.

Propernas Nusa Dua Optimis Tren Positif, Pengajuan NUP Cluster Alyxia Terus Meningkat

“Sumut secara data kita tercukupi dan surplus ketersediaan pangan, sehingga waktu tanam kita tepat waktu, panen pun sekarang bisa terlaksana. Mudah-mudahan panen ini akan memperbaiki harga beras di pasaran,” ucap Hassanudin, usai panen padi sawah di Desa Wonosari Kecamatan Tanjungmorawa, Kabupaten Deliserdang, Selasa 27 Februari 2024.

Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sumut pun, melakukan berbagai intervensi demi menjaga ketersediaan pangan dan stabilitas harga di tengah masyarakat. Mulai dari menyiapkan pasar murah, hingga bersinergi dengan pihak terkait mengawal dan mengawasi jalur distribusi.

Siap Laksanakan Peparnas 2024, Pj Gubernur Sumut : Kita Senang Jadi Tuan Rumah

Memang secara nasional ketersediaan stok beras mengalami tekanan. Pemerintah Indonesia pun telah memprediksi bulan Januari - Maret 2024 stok beras akan mengalami tekanan lantaran el nino. Namun Sumut, dikatakannya tidak terdampak langsung el nino.

Pj Gubernur Sumut, Hassanudin.

Photo :
  • BS Putra/VIVA Medan
Pemprov Sumut Optimalkan Teknologi Informasi dalam Sukseskan Penyelenggaraan PON 2024

Hassanudin juga mengajak para kepala daerah melaksanakan monitoring ketersediaan beras di daerahnya masing-masing.

“Khusus di Sumut saya ajak kepala daerah melaksanakan dan monitoring ketersediaan bagaimana agar stok pangan terkendali,” kata Hassanudin.

Halaman Selanjutnya
img_title