Video Viral Petugas Satpol PP Mencopot Bendera PDIP, Begini Penjelasan Pemkab Dairi

Sekda Dairi, Surung Carles Bantjin berikan keterangan soal pencopotan bendera PDIP oleh Satpol PP.
Sumber :
  • Dok Pemkab Dairi

VIVA Medan - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Dairi memberikan respon terkait video viral Satpol PP Pemkab Dairi mencopoti bendara partai PDI Perjuangan di Jalan Sisingamangaraja, Kabupaten Dairi, Jumat 2 Februari 2024, lalu. 

Tak Bisa Tentukan Sebagai Oposisi, Anies Baswedan Tetap Usung Perubahan

Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Dairi, Surung Carles Bantjin, menjelaskan kronologi penertiban APK dan APS milik partai politik tersebut, pada hari itu, dilakukan Satpol PP Kabupaten Dairi, sekitar pukul 16.00 WIB.

"Satpol PP Kabupaten Dairi melakukan kegiatan penertiban APK/APS dengan fokus seputaran Gedung Djauli Manik, yang diawali dengan penertiban APK/APS maupun atribut lain dari pasangan atau partai pendukung 03 yakni PDIP sebagaimana yang sudah ada video yang beredar," kata Surung dalam keterangannya, diterima VIVA Medan, Selasa 6 Januari 2024.

Lantik Pj Bupati Dairi, Pj Gubsu Berpesan Antisipasi Gejolak Politik di Pilkada 2024

Surung mengungkapkan pada pukul 17.00 WIB, Satpol PP melanjutkan pembersihan atau penertiban APK/APS dan atribut lainnya kepada partai pendukung dan pasangan calon nomor urut 02, yakni Partai Golkar dan partai lainnya atau ada videonya.

"Bahwa Satpol PP memiliki keterbatasan personil dan sarana untuk pembersihan atau penertiban APK/APS atau atribut, lainnya dimaksud. Oleh karena itu, perlu dilakukan secara bertahap dan berkelanjutan," kata Surung.

Pembunuhan Sadis, Wanita di Medan Tewas Ditangan Kekasihnya

Kolase aksi petugas Satpol PP Dairi mencopot bendera PDIP dan membiarkan bendera partai lain.

Photo :
  • Kolase Foto/VIVA Medan

Surung menjelaskan APK milik PDIP lebih dulu dibersihkan/ditertibkan oleh Tim Satpol PP Kabupaten Dairi, dengan bertujuan untuk memudahkan tim dalam mengumpulkan atau menyimpannya. Karena, Satpol PP berharap APK dan APS serta atribut lainnya tersebut. Kemudian, akan dikembalikan lagi kepada partai PDIP.

Halaman Selanjutnya
img_title