Deteksi Dini Kamtib, Lapas Narkotika Siantar Razia Hunian Warga Binaan

Petugas Lapas Narkotika memeriksa hunian warga binaan.
Sumber :
  • Dok Lapas Narkotika Pematangsiantar

VIVA Medan - Langkah antisipasi gangguan keamanan dan ketertiban dilakukan petugas Lapas Narkotika Kelas IIA Pematang Siantar dengan razia rutin terhadap warga binaan dan hunian yang ditempati. Razia ini digelar atas petunjuk dan arahan Dirjenpas serta amanat Kepala Lapas.

Memperingati HBP ke-60, Lapas Narkotika Pematangsiantar Ziarah dan Tabur Bunga ke Makam Pahlawan

Kepala Kesatuan Pengamanan Lembaga Pemasyarakatan (KPLP), Ucok P Sinabang memimpin penggeledahan tersebut, tekankan bila ini razia insidentil guna deteksi dini terhadap gangguan keamanan dan ketertiban.

"Persiapan diawali dengan apel para petugas, persiapan dihadiri staff KPLP, Komandan Jaga, serta petugas jaga yang bertugas. Adapun kamar yg digeledah pada Blok Sahardjo Kamar 09," ungkap Ucok P Sinabang, Senin 29 Januari 2024.

Sambut HBP Ke-60, Lapas Siborongborong Periksa Kesehatan Pegawai dan Warga Binaan

Dalam arahannya, Ucok ingatkan para petugas agar melakukan tindakan razia yang humanis serta tetap patuh terhadap SOP. Sehingga menciptakan situasi hunian yang tetap kondusif dan tertib.

Katanya, razia Lapas ini diharapkan meminimalisir barang barang terlarang masuk kedalam kamar hunian dan menunjang untuk menciptakan situasi Lapas yang bersih dari gangguan keamandan dan ketertiban agar terciptanya lapas yang aman dan kondusif sebagai bentuk deteksi dini.

Cegah Barang Terlarang Masuk, Petugas Lapas Siborongborong Perketat Pemeriksaan dan Pengawasan

"Sebagai bentuk deteksi dini terhadap kamtib, terdapat beberapa barang yang diindikasikan dapat memicu menganggu keamanan dan ketertiban yang ditemukan dibakar sebagai bentuk pemusnahan terhadap reaksi deteksi dini terhadap gangguan Kamtib," tegas Ucok.