KPU Sumut Coret 3 Caleg dari NasDem, Gerindra Hingga PPP dari DCT, Ini Alasannya

KPU Sumut
Sumber :

VIVA Medan - Jelang hari pencoblosan 14 Februari 2024, Komisi Pemilihan Umum (KPU) Sumatera Utara mencoret tiga nama calon legislatif (Caleg) NasDem, Gerindra dan PPP, dari Daftar Caleg Tetap (DCT) DPRD Sumut periode 2024-2029, pada Pemilu 2024.

Peluncuran Tahapan Pilkada Sumut 2024, Pj Gubernur Sumut Dorong Peningkatan Partisipasi Pemilih

Hal itu, diungkapkan oleh Ketua KPU Sumut, Agus Arifin saat dikonfirmasi VIVA Medan, Selasa 23 Januari 2024. Pencoretan ketiga Caleg itu, berdasarkan putusan KPU Sumut Nomor 121 tahun 2023 tentang daftar calon tetap anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Provinsi Sumatera Utara dalam Pemilihan Umum tahun 2024.

Ketiga caleg yang dicoret dari DCT oleh KPU Sumut, masing-masing bernama, Inggi Paramytha dari Gerindra dapil Sumut 3. Mursal Harahap merupakan Caleg dari PPP dapil Sumut 2 nomor urut 1 dan Dwi Bunga Anggraini Simatupang merupakan caleg dari NasDem dapil Sumut 9 nomor urut 6.

Pj Gubernur Sumut Kampanyekan Pilkada 2024 Aman, Damai dan Sejuk

Ketua KPU Sumut, Agus Arifin mengungkapkan Inggi Paramytha dicoret, setelah KPU Sumut melakukan klarifikasi ke Sekretariat DPRD Deliserdang pada 16 Januari 2024. Kemudian, hasil klarifikasi Sekretariat DPRD Deliserdang menyatakan Caleg tersebut, menjabat sebagai Tenaga Administrasi di Sekretariat DPRD Deliserdang.

Ketua KPU Sumut, Agus Arifin.

Photo :
  • KPU Sumut
Kasus Suap Bupati Labuhanbatu, KPK Sita Pabrik Sawit dan Bangunan Diduga Kantor NasDem Milik Erik

Selanjutnya, Agus mengatakan bahwa KPU Sumut menyurati DPD Partai Gerindra Sumut, untuk menyampaikan hasil klarifikasi tersebut. Sehingga menjadi dasar dilakukan pencoretan terhadap Inggi dari DCT.

"KPU Sumut, melakukan rapat pleno dan menyatakan yang bersangkutan, pada saat pencalonan memiliki pekerjaan yang wajib mundur. Sehingga yang bersangkutan dinyatakan TMS (tidak memenuhi syarat) dan di coret dari DCT. Selanjutnya KPU Sumut melakukan SK Perubahan DCT," kata Agus.

Halaman Selanjutnya
img_title