Kreasi Pasar Kamu, Ijeck : Pengembangan Desa Wisata Harus Punya Ciri Khas

Musa Rajekshah kunjungi Pasar Kamu di Kabupaten Deliserdang.
Sumber :
  • Istimewa/VIVA Medan

VIVA Medan - Mantan Wakil Gubernur Sumatera Utara Periode 2018/2023, Musa Rajekshah berharap desa wisata bisa terus bermunculan di Sumut. Pengembangan desa wisata ia yakini dapat memberi manfaat ekonomi, manfaat sosial, manfaat lingkungan dan manfaat lainnya bagi masyarakat.

Bakal Lawan Edy Rahmayadi dan Bobby Nasution di Pilgub Sumut 2024, Ijeck: Bersaing Secara Sehat

Pria yang akrab disapa Ijeck ini memberi contoh seperti di Pasar Kamu (Pekan Sarapan Karya Anak Muda) di Jalan Perintis, Dusun II, Desa Denai Lama, Kecamatan Pantai Labu, Kabupaten Deli Serdang.

Menurutnya, kreasi budaya di Pasar Kamu punya peran penting memperkuat ekonomi warga, memperkuat identitas lokal, menumbuhkan kebersamaan dan rasa nyaman dalam lingkungan hingga mengenalkan warisan budaya kepada generasi muda.

Ijeck dan Bobby Nasution Bertemu di Jakarta Bahas Pilgub Sumut 2024, Ini Hasilnya

“Saya bolak-bali ke Pasar Kamu karena senang melihat kreativitasnya, pasarnya didesain layaknya pasar rakyat tradisional yang menjajakan penganan tempo doeloe lengkap dengan pedagangnya yang memakai pakaian khas Melayu dan Jawa,” ujar Ijeck, Rabu 17 Januari 2024, sembari mengaku minggu lalu baru saja berkunjung ke Pasar Kamu.

Suasana Pasar Kamu Desa Denai Lama, Deliserdang.

Photo :
  • Istimewa/VIVA Medan
Golkar Target Pilkada Serentak 2024 Menang 60 Persen Seluruh Daerah, Ijeck: Perjuangan Belum Usai

Konsep desa wisata berbasis masyarakat seperti Pasar Kamu ini diharap Ijeck bisa terus bermunculan di daerah-daerah di Sumut. Menurutnya, setiap desa memiliki ciri khas masing-masing, hal tersebutlah yang harus digali secara bersama-sama.

“Untuk itu, masyarakat harus betul-betul sadar wisata, memahami potensi-potensi yang ada di desanya karena mengembangkan desa wisata itu harus punya ciri khas tertentu sehingga pariwisata yang dikembangkan bisa bersifat terus menerus,” kata Ijeck.

Halaman Selanjutnya
img_title