Polisi Selidiki Penyebar Hoaks Audio Forkompinda Batubara Ajak Menangkan Paslon 02

Forkopimda Batubara, Dandim, Pj Bupati, Kapolres dan Kejari Batubara yang dituding memenangkan capres-cawapres 02 diyakini hoaks.
Sumber :
  • Istimewa/VIVA Medan

VIVA Medan - Subdit Cyber Polda Sumut tengah melakukan penyelidikan terkait dengan video hoaks rekaman audio Forkompinda Batubara, untuk menenangkan Capres-cawapres nomor urut 2, Prabowo Gibran.

Hakim PTUN Medan Putuskan Pemberhentian dan Penunjukan Korsek Bawaslu Langkat Sah

Kepala Bidang Humas Polda Sumut, Kombes Pol. Hadi Wahyudi mengungkapkan terkait dengan penyebaran berita hoaks, informasi menyesatkan dan mengandung SARA, ada mekanisme, yang akan dilakukan pihak kepolisian.

"Subdit Cyber kita melakukan patroli dan menjalani tugas-tugasnya," jelas Wahyudi kepada wartawan, di Kota Medan, Selasa 16 Januari 2024.

Guru Honorer Dipecat Karena Ikut Demo Dugaan Kecurangan Seleksi PPPK Langkat Diduga Intimidasi

Hadi menjelaskan pihaknya, tengah menelusuri awal video hoaks rekaman suara yang disebut-sebut pejabat Forkompinda Batubara, yang viral di media sosial. Apa menjadi penyelidik akan diungkap oleh Subdit Cyber Polda Sumut.

"Iya (ada penyelidikan penyebaran terkait informasi hoaks yang viral itu), ada Subdit Cyber dan Subdit Cyber akan menyampaikan," jelas Hadi.

Guru Honorer Ikut Demo Dugaan Kecurangan Seleksi PPPK Langkat Dipecat

Kabid Humas Polda Sumut, Kombes Pol Hadi Wahyudi.

Photo :
  • BS Putra/MEDAN VIVA

Hadi mengatakan bahwa sudah ada keterangan resmi dari Bawaslu Batubara, hasil penelusuran terkait dengan audio viral, tidak ada kemiripan suara, dengan suara asli Forkopimda Batubara itu. Begitu juga, Hadi mengungkapkan Kapolres Batubara, AKBP Taufiq Hidayat Thayeb sudah memberikan klarifikasi kepada Polda Sumut dan secara publik, bahwa bukan suara dia didalam audio yang viral itu.

Halaman Selanjutnya
img_title