Pj Gubernur Sumut Dorong Percepatan Realisasi APBD 2024

Pj Gubernur Sumut, Hassanudin.
Sumber :
  • Istimewa/VIVA Medan

VIVA Medan - Penjabat (Pj) Gubernur Sumatera Utara (Sumut) Hassanudin menekankan pentingnya percepatan realisasi Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD). Menurutnya, saat ini APBD merupakan stimulus utama penggerak ekonomi. 

Perkuat Daya Saing Perkebunan, Ini 4 Strategi Jitu Disiapkan Pemprov Sumut

“Sebagai stimulus utama ekonomi, realisasi APBD harus bisa mencapai target-target yang ditentukan,” ujar Pj Gubernur Hassanudin, pada acara Konsolidasi dan Pembekalan Pelaksanaan Program Kegiatan dan Anggaran TA 2024, di Aula Rana Inal Siregar, Kantor Gubernur Sumut, Jalan Pengeran Diponegoro, Kota Medan, Senin 15 Januari 2024.

Karena itu, katanya, para Pengguna Anggaran (PA), Kuasa Pengguna Anggaran (KPA), dan Pejabat Pelaksana Teknis Kegiatan (PPTK) harus sadar mengapa APBD harus dikelola tepat waktu. 

Lantik Pj Bupati Dairi, Pj Gubsu Berpesan Antisipasi Gejolak Politik di Pilkada 2024

"Saudara sebagai PA, KPA, PPTK harus sadar, betapa pentingnya APBD kita kelola tepat waktu, tepat jumlah, tepat mutu karena berdampak pada kehidupan masyarkat luas," kata Hassanudin.

Hassanudin pun meminta, pada triwulan I realisasi APBD 2024 mencapai 30%, kemudian 60% di triwulan II, 90% di triwulan III dan 100% di triwulan IV. Dia juga mendorong agar di bulan Oktober, seluruh proyek fisik dan pengadaan sudah selesai. 

Pj Gubernur Sumut Optimis Timnas Indonesia Melaju ke Final Piala Asia U-23

Pj Gubernur Sumut, Hassanudin.

Photo :
  • Istimewa/VIVA Medan

"Percepat realisasi APBD, sehingga bulan Oktober diharapkan sudah selesai. Sisa dua bulan kita gunakan untuk evaluasi dan membuat laporan," kata Hassanudin.

Halaman Selanjutnya
img_title