Cegah Penyebaran Covid-19 EG.5, Ini Langkah Dilakukan Dinkes Sumut

Kadinkes Sumut, dr Alwi Mujahit Hasibuan.
Sumber :
  • BS Putra/VIVA Medan

VIVA Medan - Pemerintahan Provinsi (Pemprov) Sumatera Utara melalui Dinas Kesehatan (Dinkes) Sumut, melakukan pengawasan dan pemantauan terhadap perkembangan Covid-19 dengan varian virus EG.5 dan sub-garis turunannya HK.3.

Musrenbang RPJPD, Pj Gubernur Sumut Paparkan Visi Misi Pembangunan 2025-2045

Hal itu, disampaikan Kepala Dinas Kesehatan (Kadinkes) Sumut, dr Alwi Mujahit Hasibuan, M.Kes saat dikonfirmasi VIVA Medan, Selasa 12 Desember 2023. Ia mengimbau masyarakat, tetap menerapkan Protokol Kesehatan (Prokes) dalam beraktivitas sehari-hari dalam pencegahan Covid-19 dengan varian baru itu.

"Langkah antisipasi dengan melakukan survei dan pengawasan. Kepada masyarakat, kita juga mengimbau masyarakat tetap menjaga protokol kesehatan seperti saat Covid-19," jelas Alwi.

PSAWI Sumut Target 3 Emas PON 2024, Sempat Kesulitan Cari Atlet hingga Disangka Penculik

Alwi mengingatkan kepada masyarakat tidak perlu khawatir mengatasi, cukup melakukan pencegahan dengan tetap mematuhi Prokes. Ia menyebutkan, bahwa varian baru Covid-19 ini, seperti influenza biasa.

"Ini kan mirip-mirip tampilannya, COVID ini sekarang mirip dengan influenza biasa. Begitu juga tetap dilakukan waspada dan tetap jaga protokol kesehatan," tutur Alwi.

Buka Pendaftaran Calon Kepala Daerah, Ketua NasDem Sumut : Tanpa Mahar

Alwi juga mengingatkan kepada Dinkes Kabupaten/Kota tidak lalai dengan pengawasan terhadap varian baru Covid-19 itu. Begitu juga, Dinkes Sumut sudah menyampaikan surat edaran. 

"Tentunya, kita perlu melakukan kewaspadaan dan perhatikan. Surat imbauan ada, kita meneruskan dari Kemenkes," kata Alwi.

Halaman Selanjutnya
img_title