Lirik Pasar Luas, Pemprov Sumut Dorong UMKM Go Digital

Kadis Koperasi dan UMKM Sumut, Naslindo Sirait.
Sumber :
  • BS Putra/VIVA Medan

VIVA Medan - Dinas Koperasi dan UMKM Sumatera Utara, mencatat sekitar 72 persen masyarakat di Sumut sudah terakses dengan internet. Dari data tersebut, 68 persen masyarakat melakukan transaksi belanja setiap pekannya melalui aplikasi atau belanja online.

Pendaftar PPK Pilkada Serentak 2024 di Sumut Tercatat 8.921 Orang

Hal itu, diungkapkan oleh Kepala Dinas Koperasi dan UMKM Sumut, Naslindo Sirait dalam jumpa pers di lantai II, Kantor Gubernur Sumut, Kota Medan, Selasa sore, 5 Desember 2023. Ia mengungkapkan Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sumut, terus melakukan pembinaan menuju UMKM Go Digital.

"Jadi, bisnis harus masuk digital. Kalau tidak masuk bisnis digital, akan tertinggal. Bagaimana UMKM ini, masuk bisnis digital," kata Naslindo.

Reuni Akbar ke-33, STOK Bina Guna Perkenalkan Prodi Baru Satu-satunya di Sumut

Naslindo mengatakan saat UMKM di Sumut ini, secara pemasaran yang belum modern, yang terdigitalisasi. Sehingga mendorong pelaku usaha di Sumut, harus melek dan paham dengan pemasaran digitalisasi.

"Sekarang ini, hampir 72 persen kita sudah terakses dengan internet, 68 persen masyarakat kita berbelanja secara online. Apakah itu, beli makanan, pesan tiket, pesan hotel, pesan transportasi online. 68 persen setiap pekan, setiap minggu," jelas Naslindo.

Sequis Dorong Partisipasi Agen Tingkatkan Kesejahteraan Masyarakat

Didampingi Kepala Bidang Informasi dan Komunikasi Publik (IKP) Dinas Kominfo Sumut Harvina Zuhra. Lanjut, Naslindo mengungkapkan pihaknya menyiapkan sejumlah strategi dalam upaya meningkatkan kualitas daya saing Koperasi dan UMKM di Sumut.

"Koperasi dan UMKM memiliki peranan penting terhadap perekonomian dan pertumbuhan ekonomi yang inklusif dan berkelanjutan di Indonesia, khususnya Sumatera Utara. Sehingga peningkatan daya saing Koperasi dan UMKM akan terus menjadi perhatian pemerintah," jelas Naslindo.

Halaman Selanjutnya
img_title