Jalan Batubara-Sergai Terputus Akibat Banjir, F-PKS DPRD Sumut Desak Pemprov Segera Perbaikan

Jalan Susur Kabupaten Batubara terputus akibat banjir.
Sumber :
  • Istimewa/VIVA Medan

VIVA Medan - Banjir melanda Desa Nenas Siam, Kecamatan Medang Deras, Kabupaten Batubara, berdampak Jalan Susur terputus total, yang merupakan akses jalan penghubung antara Kabupaten Batubara dengan Kabupaten Serdang Bedagai.

Bacalon Wali Kota Partai Golkar Binjai, Mulai Petahana, ASN, Anggota DPRD Sumut hingga Pengusaha

Atas hal itu, Sekretaris Fraksi PKS DPRD Sumut, Ahmad Hadian meminta Dinas PUPR Sumut, secepatnya melakukan perbaikan jalan tersebut, dan membuat jalan alternatif sementara, di Desa Nenas Siam, Kecamatan Medang Deras, Kabupaten Batubara.

"Putus total tergerus arus banjir dari darat. Banjir ini setiap tahun terjadi, namun kali ini memutuskan ruas dua jalan," kata Ahmad Hadian, di Medan, Rabu 1 November 2023.

Musrenbang RPJPD, Pj Gubernur Sumut Paparkan Visi Misi Pembangunan 2025-2045

Ahmad mengatakan, pihaknya mendapat laporan warga dan diminta untuk datang meninjau lokasi Jalan Susur Pantai Batubara yang merupakan dibawah penanganan Pemprov Sumut.

"Saya minta Pemerintah Provinsi Sumatera Utara segera bertindak melakukan penanganan darurat agar jalur transportasi dari Batubara ke Serdang Bedagai tidak terputus dengan melakukan perbaikan menggunakan dana tanggap bencana untuk mengendalikan situasi," sambungnya.

Usai Upacara HBP ke-60, Lapas Siborongborong 'Digruduk' Personel Polsek Siborongborong

Politisi PKS ini, mengungkapkan untuk memperbaiki jalan tersebut, butuh penanganan soal banjir juga. Karana bila tidak diatasi masalah banjir, maka kejadian serupa tetap akan terjadi lagi.

"Perbaikan ini harus dilakukan secara serius dan komprehensif agar situasi seperti tidak terus berulang setiap tahun terlebih karena saat ini Pemprovsu sedang membangun hotmix ruas jalan ini yang merupakan bagian dari proyek multi years Rp 2,7 triliun," ungkapnya.

Halaman Selanjutnya
img_title