Banjir Kiriman Rendam Binjai, 4 Kecamatan dan 3.541 Jiwa Terdampak

Penampakan dari udara Kota Binjai terendam banjir.
Sumber :
  • Istimewa/VIVA Medan

VIVA Medan - Kota Binjai yang dikelilingi 3 aliran sungai mendapat banjir kiriman, dampak dari curah hujan yang tinggi di wilayah pegunungan atau hulu sungai, Jumat dini hari, 6 Oktober 2023. Akibatnya, 3.541 jiwa yang tersebar pada 4 kecamatan di Kota Binjai terdampak banjir. 

Tertutup Material Longsor, Jalan Alternatif Langkat-Karo Tak Bisa Dilalui

"Banjir terjadi akibat curah hujan yang cukup tinggi di hulu sungai dan mengakibatkan 3 sungai yang mengelilingi Kota Binjai mengalami kenaikan," kata Kepala Bidang Pencegahan dan Kesiapsiagaan Badan Penanggulangan Bencana Daerah Kota Binjai, Rudi Baros dalam keterangan tertulis yang diterima VIVA Medan

"Ketinggian air daerah aliran sungai (DAS) pada saat terjadi banjir, DAS Bingai tinggi air 430 centimeter, DAS Mencirim tinggi air 400 centimeter dan DAS Bangkatan tinggi air 100 centimeter," jelas Rudi Baros.

Bendungan Lau Simeme di Deliserdang Ditargetkan Selesai Juni 2024

Ia menyebut, ada 3.541 jiwa pada 4 kecamatan yang terdampak banjir tersebut. Kata Rudi, pihaknya terus melakukan koordinasi dengan perangkat kelurahan dan kecamatan untuk mengetahui perkembangan pasca bencana banjir terjadi di Kota Binjai.

"Kami BPBD Binjai masih berada di kelurahan yang terdampak banjir dan tetap siaga di lokasi untuk membantu masyarakat apabila dibutuhkan melakukan evakuasi," tambahnya.

Pasca Viral di Medsos, BBKSDA Sumut Pastikan Buaya di Sungai Pekatal Medan Berukuran 3 Meter

Ia menambahkan, pihaknya juga sudah berkordinasi dengan Dinas Kesehatan Binjai untuk pelayanan kesehatan, jika masyarakat membutuhkan bantuan dan obat-obatan.

"Pusdalops BPBD Binjai juga memonitor prakiraan cuaca dan peringatan dini dari website BMKG untuk menyampaikan ke masyarakat," katanya. 

Ia menegaskan, tidak ada korban jiwa akibat bencana alam banjir kiriman tersebut. Untuk sementara, katanya, masyarakat yang terdampak banjir sudah mengungsi ke rumah keluarganya.

Halaman Selanjutnya
img_title