Langkah Disperindag ESDM Sumut Atasi Permasalahan Picu Harga Beras Meroket

Kepala Disperindag ESDM Sumut, Mulyadi Simatupang.
Sumber :
  • BS Putra/VIVA Medan

VIVA Medan - Sejumlah langkah disiapkan Dinas Perindustrian, Perdagangan, Energi dan Sumber Daya Mineral (Disperindag ESDM) Sumatera Utara, untuk mengatasi dan mengurai permasalahan, yang menyebabkan harga beras meroket tajam di pasaran.

Ijeck Ajak Kembangkan Potensi Daerah dengan Berwirausaha dan Manfaatkan Teknologi

Hal itu, diungkapkan oleh Kepala Disperindag ESDM Sumut, Mulyadi Simatupang, kepada wartawan di Kota Medan, Senin 2 Oktober 2023. Ia menjelaskan pihaknya, pekan ini akan mendatangi sejumlah kilang beras di Sumut. Untuk melihat produksi gabah menjadi beras.

"Kita akan mendatangi kilang-kilang, karena ada beberapa data harus kita sinkronkan dari produksi beras ini. Dari data pertanian kata surplus. Mungkin saja, yang dilaporkan produksi gabah padi, masuk ke kilang menyusut jadi beras," jelas Mulyadi.

Pemprov Sumut Jaga Pergerakan Komoditas Pangan

Berdasarkan data dihimpun Disperindag ESDM, bahwa harga beras medium Rp 14 ribu hingga Rp 15 ribu per kilogram. Sedangkan, beras premium sudah di atas Rp 15 ribu per kilogram. Dengan itu, Mulyadi mengharapkan ada data sinkron antara produksi beras dengan pasokan dan stok di Pasar-pasar Tradisional.

Dengan itu, ia mengatakan diketahui persis penyebab atau pemicu harga pangan beras naik di tengah masyarakat. Mulyadi menjelaskan berdasarkan pemantauan dari pihak Disperindag ESDM Sumut, ke Pasar-pasar Tradisional di Kota Medan, pedagang mengeluhkan dan bilang susah dapat beras lokal. Sedangkan, hasil produksi padi di Sumut surplus.

Lantik Pj Bupati Dairi, Pj Gubsu Berpesan Antisipasi Gejolak Politik di Pilkada 2024

"Nah dimana salahnya?, Ini kita mau mengurai dari hulu dan hilir, lebih enak cari solusi, tetap kita jalankan solusi saat ini. Mungkin persepsi, yang dilaporkan gabah misalnya 1 ton, ke kilang menyusut," ucap Mulyadi.

Untuk melakukan intervensi harga beras yang mahal saat ini. Mulyadi mengatakan pihaknya menggelar Pasar Murah di Kantor Disperindag ESDM Sumut, setiap hari Jumat dan Sabtu. Termasuk, menyampaikan surat imbauan kepada Pemerintah Kabupaten/Kota untuk melakukan hal yang sama di masing-masing wilayahnya.

Halaman Selanjutnya
img_title