Pastikan Kesehatan Warga Binaan, Lapas Narkotika Pematangsiantar Skrining ACF TBC

Warga binaan Lapas Narkotika Pematangsiantar jalani pemeriksaan TBC.
Sumber :
  • Dok Lapas Narkotika Pematangsiantar

VIVA Medan - Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Natkotika Kelas IIA Pematangsiantar lakukan pemeriksaan kesehatan terhadap warga binaan, guna mendeteksi Tuberkulosis (TBC). Pemeriksaan dengan skrining ACF TBC ini bekerjasama dengan Dinas Kesehatan Kabupaten Simalungun, Puskesmas Raya dan Tirta Medical Center (TMC).

Memperingati HBP ke-60, Lapas Narkotika Pematangsiantar Ziarah dan Tabur Bunga ke Makam Pahlawan

Kalapas Natkotika Kelas IIA Pematangsiantar, Robinson Perangin-angin menuturkan, pemeriksaan ini berlangsung Rabu, 13 September 2023, merupakan tindak lanjut dari Surat Edaran Dirwatkeshab Ditjenpas Kemenkumham RI No. PAS.06-PK.06.07-710 tentang Skrining TBC dengan Intervensi Rontgen Dada.

"Ini bertujuan untuk mengoptimalkan angka penemuan kasus TBC secara aktif dan masif pada kelompok komunal yg berisiko tinggi/rentan terhadap penularan/penyebaran di dalam komunitas khususnya Lapas/Rutan," ucap Robinson melalui Kepala KPLP, Ucok P Sinabang dalam keterangan tertulisnya, Kamis 14 September 2023.

Sambut HBP Ke-60, Lapas Siborongborong Periksa Kesehatan Pegawai dan Warga Binaan

Katanya, kegiatan skrining ACF TBC Tahun 2023 bagi WBP Lapas Narkotika Kelas IIA Pematangsiantar ini bersinergi dengan Dinas Kesehatan Kabupaten Simalungun, Puskesmas Raya dan Tirta Medical Center (TMC).

Katanya, pemeriksaan berlangsung selama 5 hari, yang dimulaui 12 September 2023 sampai 18 September 2023 dengan target 875 orang.

Cegah Barang Terlarang Masuk, Petugas Lapas Siborongborong Perketat Pemeriksaan dan Pengawasan

Hari pertama, diikuti 150 orang WBP. Skrining gejala dilakukan oleh petugas kesehatan Lapas Narkotika Kelas IIA Pematangsiantar dan skrining CXR dilakukan oleh tim vendor X-Ray Tirta Medical Center (TMC), dan pemeriksaan sputum TCM dilakukan oleh Dinas kesehatan Simalungun Puskesmas Raya.