4 Hari Jelang Berakhir Masa Jabatannya, Gubernur Sumut Lantik 155 Pejabat

Gubernur Sumut, Edy Rahmayadi melantik 155 pejabat lingkungan Pemprov Sumut.
Sumber :
  • BS Putra/VIVA Medan

VIVA Medan - Empat hari ini menjelang berakhir masa jabatan atau tepat 5 September 2023 sebagai Gubernur Sumatera Utara, Edy Rahmayadi kembali melantik 155 pejabat di lingkungan Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sumut. Pelantikan itu, langsung dipimpin Gubernur Sumut, Edy Rahmayadi di Aula Tengku Rizal Nurdin, di Jalan Jendral Sudirman, Kota Medan, Jumat 1 September 2023.

Propernas Nusa Dua Optimis Tren Positif, Pengajuan NUP Cluster Alyxia Terus Meningkat

Selain, 155 pejabat ini, juga dihadiri seluruh pimpinan Organisasi Perangkat Daerah (OPD) dijajaran Pemprov Sumut. Gubernur Edy berpesan kepada ASN yang dilantik agar melaksanakan tugas dengan baik, jujur, tulus, ikhlas dan kemudian harus loyal dalam melayani masyarakat.

Mantan Pangkostrad itu, juga tak bosan-bosan agar para ASN tidak terlibat politik praktis, dimana pada tahun 2024 ini sudah memasuki tahun politik. Sehingga ASN diharapkan tidak ikut serta dalam mengkampanyekan salah satu pasangan calon. Baik, Pilpres, Pilgub.

Dedi Iskandar Kagum Lihat Produk-produk Hasil Binaan di Rutan Kelas I Medan

"Undang-undang nomor 5 tahun 2014 itu sudah diatur jelas, ASN dilarang untuk berpolitik praktis. Dan itu harus diikuti aturannya," kata Edy usai melantik 102 pejabat tersebut.

Gubernur Edy mengatakan pejabat yang dilantik adalah yang melakukan perencanaan program pembangunan, melaksanakan dan mempertanggungjawabkannya.

Peluncuran Tahapan Pilkada Sumut 2024, Pj Gubernur Sumut Dorong Peningkatan Partisipasi Pemilih

"Dialah yang mengawali perencanaan. Direncanakan itu, apa dasarnya?, visi dan misi," ujar Edy Rahmayadi pada pelantikan yang bersamaan dengan pelantikan pejabat eselon III, eselon IV dan kepala sekolah itu.

Lebih lanjut Edy Rahmayadi menerangkan perbedaan pejabat eselon II A dan II B.

"Apa bedanya, kalau II B di bawah, membantu langsung Sekda," jelas Edy Rahmayadi.

Mantan Pangkostrad itu juga mengatakan baik Eselon II maupun II B, sama-sama memiliki wewenang untuk menentukan perencanaan. Namun jangan sampai 'membunuh' pimpinan.

"Anda menentukan tugas pokok anda. Anda merencanakan pelaksanaan tugas pokok anda. Itu yang disebut adalah anda loyal. Bukan loyal itu yang penting ikut iya, bapak ini bilang iya, itu bukan loyal, anda membunuh pimpinan anda," tutur Gubernur Edy.

Berikut Daftar nama-nama Pejabat yang dilantik : Eselon II

1. Desni Maharani Saragih, S.STP Kepala Biro Organisasi Sekretariat Daerah Provinsi Sumatera Utara

Halaman Selanjutnya
img_title