Meriahkan HUT RI Ke-78 di Kota Binjai, 78 Peserta Ramaikan Lomba Rakit Hias

Wali Kota Binjai, Amir Hamzah membuka perlombaan rakit hias meriahkan HUT Kemerdekaan RI ke-78.
Sumber :
  • Istimewa/MEDAN VIVA

VIVA Medan - Pemerintah Kota Binjai menggelar perlombaan rakit hias dari berbahan batang pisang. Perlombaan ini sigelar dalam rangka memeriahkan Hari Ulang Tahun Republik Indonesia ke 78 tahun. Peserta lomba rakit hias diikuti dari berbagai instansi Pemko Binjai dan forkopimda.

Pertahankan Gelar, Binjai Utara Juara Umum MTQ Tingkat Kota

Jarak yang ditempuh dalam lomba itu sepanjang 5 kilometer. Dimulai dari tepi Sungai Bingai di Kelurahan Berngam, Kecamatan Binjai Kota, dan berakhir di Kelurahan Limau Sundai, Kecamatan Binjai Barat, Sabtu 12 Agustus 2023.

Wali Kota Binjai, Amir Hamzah yang membuka perlombaan tersebut. Ia bersyukur dapat mengikuti perlombaan rakit hias bersama dengan masyarakat, yang menyusuri Sungai Bingai. Baginya, hal itu merupakan nostalgia semasa kecilnya.

Zainuddin Purba Daftar ke Lima Parpol sebagai Bacalon Wali Kota Binjai

"Lomba rakit hias dari batang pisang ini merupakan kearifan lokal. Alhamdulillah terlihat antusias peserta yang mengikuti perlombaan ini banyak 78 peserta," kata Amir.

Selesai perlombaan rakit hias batang pisang yang digunakan dapat dimanfaatkan untuk membuat tali, menurutnya, hal tersebut dapat bernilai ekonomi.

Bacalon Wali Kota Partai Golkar Binjai, Mulai Petahana, ASN, Anggota DPRD Sumut hingga Pengusaha

"Dengan dilaksanakannya perlombaan rakit hias ini maka bergeraklah ekonomi, banyak pedagang-pedagang yang mendapatkan rezeki," ucap Amir.

Kriteria penilaian pemenang dalam perlombaan rakit hias yakni, kreativitas dekorasi, tingkat kesulitan dekorasi, kekompakan tim (seragam) dan rakit hias dalam keadaan utuh sampai digaris finish (tidak berantakan).

Halaman Selanjutnya
img_title