Material Proyek Jalan Tol Binjai-Langsa Legal, Ini Penjelasan PT HKI

Pengerjaan proyek jalan tol ruas Binjai - Langsa.
Sumber :
  • Istimewa/MEDAN VIVA

VIVA Medan - Menanggapi adanya pemberitaan terkait material diduga ilegal yang masuk untuk pembangunan proyek Jalan Tol Binjai-Langsa, PT Hutama Karya Infrastruktur (HKI) angkat bicara, Jum'at 11 Agustus 2023.

Usai Upacara HBP ke-60, Lapas Siborongborong 'Digruduk' Personel Polsek Siborongborong

General Superintendent PT HKI, Sunardi menegaskan, pihaknya tidak pernah menerima material ilegal untuk pembangunan proyek strategis nasional (PSN) tersebut. 

Ia menegaskan, PT HKI selalu menerima material yang resmi atau dari quary yang mengantongi izin. Ia menambahkan, semua penerimaan barang dan jasa untuk proyek Jalan Tol Binjai-Langsa, sudah sesuai dengan konsep Good Corporate Governance (GCG).

Arus Balik Lebaran 2024, Ruas JTTS Sumut Terus Alami Peningkatan Volume Kendaraan

“Penerimaan barang dan jasa yang kita lakukan, sudah melalui proses verifikasi yang ketat. Sehingga, sangat kecil sekali terjadi adanya dugaan penyimpangan. Kita bisa pastikan, barang yang diterima sesuai dengan spesifikasi dan kualifikasi,” kata Sunardi. 

Mengacu kepada konsep GCG, sambung Sunardi, PT HKI menolak segala bentuk praktik penyuapan maupun penyimpangan lainnya. Proses penerimaan barang dan jasa dilakukan berdasarkan dari awal penawaran sampai kepada tahap pengambilan keputusan. 

Volume Kenderaan di JTTS Sumut Meningkat Signifikan, Puncak Arus Balik Lebaran H+4

Diawali Tim Divisi Teknik menerima penawaran dan jika sudah cocok, dilanjutkan ke Divisi Suplai Chain Management (SCM). Lalu dilanjutkan ke penerimaan kontrak yang ditentukan oleh Project Manajer pada setiap proyek.

“Begitulah kurang lebih alur penerimaan barang dan jasa dari seluruh vendor atau rekanan untuk dapat bekerja sama dengan PT HKI. Dalam hal ini, PT HKI merupakan kontraktor utama proyek pembangunan Jalan Tol Binjai-Langsa, khususnya di wilayah Sumatera Utara," ujar pria berdarah Jawa tersebut. 

Halaman Selanjutnya
img_title