Ketua Prima DMI Sumut, Kecam Aksi Arogan Polisi Bubarkan Pendemo di Masjid Raya Sumbar

Personel polisi memakai sepatu masuk di Masjid Raya Sumbar.
Sumber :
  • Tangkapan Layar/VIVA

VIVA Medan - Perhimpunan Remaja Masjid Dewan Masjid Indonesia (Prima DMI) Sumut kecam aksi arogan pihak kepolisian saat membubarkan massa pendemo di Masjid Raya, Sumatera Barat, Sabtu kemarin, 5 Agustus 2023.

Golkar antara Ijeck dan Bobby di Pilgubsu, Pengamat Sorot Kepentingan Elit Jakarta

Kecaman itu, disampaikan oleh Ketua Prima DMI Sumut, Irwansyah Putra Nasution. Ia mengatakan pembubaran massa masyarakat dari Air Bangis, Pasaman Barat, Sumbar, yang saat itu sedang berada di lokasi Masjid Raya, Sumbar, harusnya dilakukan secara manusiawi dan menghargai tempat suci seperti Masjid tersebut.

"Terlihat dari video yang beredar, dan pemberitaan media, polisi masuk ke dalam masjid dengan menggunakan sepatu, pakaian lengkap dan juga senjata. Inikan aneh," ucap Ibey sapaan akrab dari Ketua Prima DMI Sumut, dalam keterangan tertulis, Senin 7 Agustus 2023.

Tuntut Keadilan untuk Kasus Godol, Ribuan Warga Gelar Unjuk Rasa di Kejari Deliserdang

Ibey menjelaskan, masjid merupakan rumah ibadah tempat ditemukannnya kedamaian, rumah suci yang kebersihannya harus dijaga, tempat umat islam menjalankan ibadah dan bertemu dengan sang khalik. 

Dari pemberitaan kita lihat, banyak polisi yang menggunakan sepatu masuk dengan menginjak sajadah. Apakah polisi lupa, bahwa menegakkan hukum tidak boleh dengan cara melanggar hukum. 

Genjot Penjualan Produk Petrokimia, Ini Langkah Dilakukan Pertamina Sumbagut

"Yang saya kecam adalah tindakan tidak profesional tersebut. Masuk masjid pakai sepatu, injak sajadah.  Yang perlu dievaluasi bukan hanya bawahan tapi juga Kapolda dan jajaran. Bahkan Kapolri," ungkap Irwansyah yang juga berprofesi sebagai Advokat. 

"Selain evaluasi jabatan, Kapolri harus menyampaikan permintaan maaf secara terbuka, atas tindakan anggotanya. Jangan sampai, isu ini menjadi liar dan menyakiti umat islam lainnya di Indonesia," pintanya. 

Halaman Selanjutnya
img_title