Gubernur Sumut Beberkan Syarat Ideal Seorang Pemimpin Kepada Bawahan

Gubernur Sumut, Edy Rahmayadi.
Sumber :
  • Dok Pemprov Sumut

VIVA Medan - Gubernur Sumatra Utara (Sumut) Edy Rahmayadi menghadiri acara penutupan Pelatihan Kepemimpinan Nasional (PKN) Tingkat II Angkatan IX, di Aula Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BPSDM) Sumut, Jalan Ngalengko Medan, Jumat 28 Juli 2023.

Hutama Karya Segera Operasikan Tol Indrapura - Kisaran, Jarak Tempuh Semakin Dekat

Hadir pada kegiatan tersebut Kepala Lembaga Administrasi Negara (LAN) RI Adi Suryanto, para Widyaiswara, serta 60 peserta pelatihan (PKN II) yang telah mengikuti pendidikan selama kurang lebih empat bulan.

Dalam sambutannya, Gubernur Edy Rahmayadi menyebutkan, bahwa PKN Tingkat II ini adalah upaya untuk menjadikan seseorang dapat meningkat kapasitasnya, atau kualitas sumber daya manusianya. Baik secara keilmuan, praktik hingga mental kepemimpinan yang mampu menjadi teladan, sekaligus bertanggung jawab terhadap bawahannya.

Potensi Besar Diusung PDIP di Pilgub Sumut, Edy Rahmayadi : Sudah Ada Sinyal Positif

"Jadi ada konsekuensinya jika setelah pendidikan, dia (peserta) tak mampu. Meskipun saya bukan seorang akademisi, tetapi setahu saya, apa yang diterima atau diajarkan, kemudian dipraktikkan, dan itu yang dilaksanakan," ujar Gubernur didampingi Kepala BPSDM Sumut Aprilla Haslantini Siregar.

Khusus dalam hal teladan dan tanggung jawab terhadap bawahan, Gubernur mengibaratkan seorang pemimpin yang memiliki kemampuan lebih dibanding anggotanya. Sehingga dari segi kualitas diri, terutama kepemimpinan, idealnya harus di atas yang lain.

KONI Sumut Kirim Long List PON 2024, Atlet Sumut Bertambah Menjadi 1.130 Orang

"Mungkin ada yang lebih pintar, tetapi kepemimpinan bukan sekadar itu. Belum tentu juara satu di sekolah, juga bisa juara memimpin. Ingat, seorang kepala dinas adalah atasan bagi bawahannya, menyayangi anak buahnya, itulah pemimpin," sebutnya.

Karenanya lanjut Gubernur, kepemimpinan itu harus mampu membangun pola kerja yang selaras dan seirama. Agar hasilnya baik dan sesuai apa yang diharapkan atau diprogramkan.

Halaman Selanjutnya
img_title