Peran Penting Digitalisasi dan Rantai Pasok Halal Perkuat Pengembangan Eksyar Sumatera

Festival Ekonomi Syariah (FESyar) Sumatera, di Medan,
Sumber :
  • Istimewa/MEDAN VIVA

VIVA Medan - Akselerasi digitalisasi memiliki peran utama dalam penguatan ekonomi dan keuangan syariah (EKSyar), khususnya di wilayah Sumatera. Selain itu, rantai pasok halal (halal value chain) turut menjadi elemen penting dalam pengembangan EKSyar.

Bakal Lawan Edy Rahmayadi dan Bobby Nasution di Pilgub Sumut 2024, Ijeck: Bersaing Secara Sehat

Hal tersebut dikatakan Deputi Gubernur Bank Indonesia, Juda Agung dalam pembukaan Festival Ekonomi Syariah (FESyar) Sumatera, di Medan, Jumat 21 Juli 2023. Katanya, kunci keberhasilan mendukung ekonomi dan keuangan syariah membutuhkan dukungan digital.

Juda Agung menyebutkan, untuk itu di Sumatera, terdapat penguatan berbagai upaya akslerasi digitalisasi di bidang eksyar yaitu digitalisasi sertifikasi halal dan digitalisasi keuangan sosial ZISWAF (Zakat, Infaq, Shodaqah, dan Wakaf). Berbagai inisiatif digitalisasi kemudian dilakukan Keuangan Syariah melalui dukungan digitalisasi untuk mendorong pertumbuhan ekonomi Sumatera yang Inklusif.

Ijeck dan Bobby Nasution Bertemu di Jakarta Bahas Pilgub Sumut 2024, Ini Hasilnya

Lebih lanjut, Deputi Gubernur Juda menyampaikan bahwa terdapat tiga celah pengembangan eksyar yang perlu diisi. Pertama, masih ada pangsa eksyar yang perlu dikembangkan, misalnya industri wisata muslim.

Kedua, pangsa pasar keuangan syariah masih stagnan pada 10% di tengah ekspansi produk keuangan syariah yang masih terbatas, dan ketiga, aspek literasi yang menunjukkan indeks literasi ekonomi syariah Indonesia masih pada posisi 23,3%, masih jauh dari targetnya 50% pada tahun ini.

Mengucap Bismillah, Musa Rajekshah : Saya Siap Maju Jadi Calon Gubernur Sumut

Di Sumatera, berdasarkan survei BI, masyarakat terliterasi eksyar tertinggi adalah Sumatera Barat (66%), disusul Sumut, Aceh dan Jambi yang berkisar 20%.

Pada kesempatan ini, Menteri Koperasi dan UKM, Teten Masduki, menyampaikan apresiasi atas terselenggaranya Festival Ekonomi Syariah Regional Sumatera 2023 sebagai wadah akselerasi pengembangan ekonomi syariah untuk mendorong pertumbuhan ekonomi yang inklusif.

Halaman Selanjutnya
img_title