34 Jamaah Haji Asal Sumut Wafat, Dinkes Sumut Antispasi Penyakit Menular

Kadinkes Sumut, Alwi Mujahit Hasibuan.
Sumber :
  • BS Putra/MEDAN VIVA

VIVA Medan - Dinas Kesehatan (Dinkes) Sumatra Utara mencacat, sebanyak 34 jamaah haji asal Sumut wafat atau meninggal dunia, selama proses pelaksanaan rukun islam kelima tersebut.

Propernas Nusa Dua Optimis Tren Positif, Pengajuan NUP Cluster Alyxia Terus Meningkat

Kepala Dinas Kesehatan (Kadinkes) Sumut, Alwi Mujahit Hasibuan menjelaskan hingga Selasa 11 Juli 2023, pemulangan jamaah haji sudah masuk ke kloter 6 di Asrama Haji, Kota Medan.

"Sampai sekarang sudah kloter 7 dan sudah sampai di Asrama Haji. Sampai sekarang tercatat ada 34 jamaah yang meninggal dunia di Sumut," jelas Alwi kepada wartawan, di depan Aula Tengku Rizal Nurdin, di Jalan Jendral Sudirman, Kota Medan, Selasa 11 Juli 2023.

Dedi Iskandar Kagum Lihat Produk-produk Hasil Binaan di Rutan Kelas I Medan

Alwi menjelaskan 70 persen lanjut usia (Lansia) dari total jamaah asal Sumut, berjumlah 8.328 jamaah. Sehingga kondisi itu, menjadi perhatian khusus bagi Dinkes Sumut untuk kesehatan jamaah haji lansia tersebut.

"Dari 8.000-an jamaah haji itu 70 persen lansia. Saya sudah sangat khawatir bahwa banyak sekali yang meninggal. Tapi Alhamdulillah 34 orang artinya itu jauh dibawah perkiraan kita," kata Alwi.

Peluncuran Tahapan Pilkada Sumut 2024, Pj Gubernur Sumut Dorong Peningkatan Partisipasi Pemilih

Alwi mengungkapkan Dinkes Sumut usai pemulangan jamaah haji ini, dilakukan monitoring melalui Kewaspadaan Kesehatan Jamaah Haji (K3JH) selama 14 hari kedepan. Bila mengalami kendala atau sakit, bisa mendatangi Puskesmas terdekat.

Gubernur Sumut, Edy Rahmayadi sambut kedatangan jamaah haji Kloter I Sumut.

Photo :
  • Dok Pemprov Sumut
Halaman Selanjutnya
img_title