Closed Loop KPT-S, Menko Airlangga : Bisa Jadi Percontohan Pengembangan Kawasan Pertanian

Menko Perekonomian, Airlangga Hartarto.
Sumber :
  • Dok Pemprov Sumut

VIVA Medan - Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto berjanji akan terus mendorong program kemitraan closed loop (hulu hingga hilir) sektor agribisnis hortikultura di Kawasan Pertanian Terpadu Simalungun (KPT-S) seluas 2.500 hektare yang tersebar di empat kecamatan di Simalungun.

Diduga Cabuli Anak Tetangganya, Seorang Petani di Simalungun Ditangkap Polisi

Hal ini disampaikan Airlangga dalam kata sambutannya di acara Peresmian Closed Loop KPT-S di Losd Pulu Balang Nagori Panribuan, Kecamatan Dolok Silau, Kabupaten Simalungun, Sumatera Utara, Kamis 22 Juni 2023.

“Model closed loop di sini bisa jadi percontohan di Sumatera Utara. Pengembangan kawasan pertanian di Simalungun ini akan terus kita dorong,” kata Airlangga.

Oknum Kepala SDN di Langkat Dilaporkan ke Komnas HAM, Kemendikbudristek dan DPR RI

Dijelaskan Airlangga, skema Closed Loop berbasis kemitraan, sehingga dapat memberikan jaminan kesesuaian kualitas dan kuantitas produksi dengan permintaan pasar melalui pendampingan di sektor hulu-hilir.

“Dengan kemitraan Closed Loop, seluruh produk holtikultura harganya dijamin harga pasar. Closed Loop itu seluruh hasil produksi harus diserap oleh industrinya,” ujarnya.

Terpilih Jadi Ketua SC BPD-SI, Dirut Bank Sumut Siap Berikan Kontribusi Positif Pertumbuhan Ekonomi

Ditambahkan Airlangga, seluruh off taker harus membeli seluruh produk.

“Closed Loop itu harus ada off taker dan off taker itu harus membeli seluruh produk. Jadi dibeli oleh korporasi atau off taker, ada Paskomnas dan juga Badan Pangan,” ujarnya kepada wartawan.

Halaman Selanjutnya
img_title