Optimalkan Pelayanan, Lapas Siborongborong Ikuti Bimtek Identifikasi Teraan Sidik Jari

Lapas Siborongborong ikuti Bimtek Identifikasi dan perumusan teraan sidik jari.
Sumber :
  • Dok Lapas Siborongborong

VIVA Medan - Dalam hal memelihara keamanan dan ketertiban khususnya peningkatan layanan data sidik jari pada warga binaan, Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kelas IIB Siborongborong ikuti Pembinaan Tata Cara Pengambilan, Perumusan dan Identifikasi Daktiloskopi/Sidik Jari.

Banjir Bandang Terjang Objek Wisata Pariban di Kabupaten Karo, Begini Kondisinya

Bimbingan teknis ini digelar Direktorat Pidana, Direktorat Jenderal Administrasi Hukum Umum (Ditjen AHU), Selasa 20 Juni 2023. Pembinaan ini turut serta Kepala Lembaga Pemasyarakatan Kelas IIB Siborongborong, Parlindungan Siregar, A.Md.IP,SH,MH dan Kasubsi Registrasi dan petugas lainnya.

Penyampaian materi disampaikan Substansi Daktiloskopi Direktorat Pidana Ditjen AHU, Mersinda yang menyebutkan, tujuan Daktiloskopi tersebut dititikberatkan untuk keperluan personal identifikasi. Mersinda menjelaskan bagaimana cara perumusan sidik jari yang langsung dipraktekkan oleh beberapa petugas.

Dedi Iskandar Kagum Lihat Produk-produk Hasil Binaan di Rutan Kelas I Medan

“Daktiloskopi dapat digunakan sebagai usaha-usaha pengenalan dan pencegahan. Pada umumnya, Daktiloskopi dapat digunakan sebagai usaha-usaha pengenalan dan pencegahan antara lain pengenalan korban bencana alam, pengenalan mayat tidak dikenal, identifikasi sesuatu pemilikan dokumen pribadi, pencegahan penyalahgunaan hak dan pemalsuan dan kecurangan administrasi," katanya.

Maksud dan tujuan kunjungan tersebut merupakan kegiatan pembinaan tata cara pengambilan, identifikasi, dan perumusan teraan sidik jari serta pemutakhiran data sidik jari warga binaan Lapas dan Rutan di Lingkungan Kementerian Hukum dan HAM (Kemenkumham) Kantor Wilayah Sumatera Utara.

Usai Upacara HBP ke-60, Lapas Siborongborong 'Digruduk' Personel Polsek Siborongborong

Tujuan utama dari penerapan sistem identifikasi Daktiloskopi adalah sebagai usaha bantuan dalam menyelenggarakan dan memelihara keamanan dan ketertiban khususnya dalam peningkatan layanan data sidik jari pada warga binaan.

Sedangkan Kalapas Kelas IIB Siborongborong, Parlindungan Siregar mengucapkan terima kasih atas kegiatan yang telah dilaksanakan, mengingat bagian registrasi memiliki peran yang sentral dalam pendataan seluruh warga binaan.

Halaman Selanjutnya
img_title