Pegadaian Kanwil 1 Medan Salurkan Zakat Melalui Unit Pengumpul Zakat

Pimpinan PT Pegadaian Kanwil 1 Medan, Arief Rinardi Sunardi (kanan).
Sumber :
  • Istimewa/MEDAN VIVA

VIVA Medan - Berikan kemudahan bagi karyawan dan pegawai menunaikan kewajiban zakat, PT Pegadaian menghadirkan Unit Pengumpul Zakat (UPZ), yang tujuannya mengumpulkan sekaligus menyalurkan zakat, sedekah maupun infak dari insan para karyawan.

Transformasi Pendidikan Melalui Literasi dan Infrastruktur Digital

Program Unit Pengumpul Zakat (UPZ) PT Pegadaian Kanwil 1 Medan dimulai sejak tahun 2021, yang dikoordinir oleh Kantor Pusat PT Pegadaian. Zakat merupakan kewajiban bagi umat muslim untuk ditunaikan setiap tahunnya. Zakat, salah satu bagian dari rukun Islam, yang wajib ditunaikan untuk diberikan kepada golongan yang berhak menerimanya (asnaf).

"Program ini bekerjasama dengan Badan Zakat Nasional (Baznas) yang dihadirkan khusus bagi insan PT Pegadaian Kanwil 1 Medan, untuk dapat memudahkan membayar zakat, infaq dan sedekah," ujar Pimpinan PT Pegadaian Kanwil 1 Medan, Arief Rinardi Sunardi dalam kegiatan 'Penyaluran Zakat, Infaq & Sedekah UPZ PT Pegadaian Kanwil I Medan, yang berlangsung di Aula Kanwil 1 Medan, Jumat, 16 Juni 2023.

Pegadaian Kanwil 1 Medan Berangkatkan 45 Jamaah Umrah Akbar

Menurut Arief, setiap muslim diwajibkan untuk membayar zakat, di mana hal tersebut memiliki keutamaan pahala disisi Allah.

"PT Pegadaian berinisiatif untuk memberikan fasilitas kepada seluruh karyawan insan Pegadaian untuk dapat membayar zakat, infak, sedekah dengan mudah melalui UPZ Pegadaian, dimana insan Pegadaian dapat membayar langsung melalui payroll pada sistem HCMS Pegadaian secara otomatis," beber Arief.

Pemprov Sumut Catatkan Realisasi Pendapatan Daerah Capai Rp12,7 Triliun

Zakat, infak dan sedekah yang terkumpul dari seluruh insan PT Pegadaian se-Kanwil 1 Medan, tambah Arief, disalurkan langsung untuk pembangunan rumah ibadah masjid, penyantunan anak yatim dan fakir miskin hingga perbaikan sarana - prasarana pendidikan.

"Alhamdulillah, hari ini kita lakukan penyaluran tahap ke-4. Kanwil 1 Medan tahun ini memperoleh dana sebesar Rp84.782.513, ini menunjukkan bahwa antusias untuk menggunakan fasilitas UPZ Pegadaian meningkat. Dana zakat, infak, sedekah disalurkan tidak hanya di Medan, melainkan ke cabang-cabang yang ada di daerah," ucap Arief.

Halaman Selanjutnya
img_title