MURI Nobatkan Jalan Jamin Ginting di Sumut, Jalan Nama Pahlawan Terpanjang di Dunia

Keluarga Jamin Ginting menerima Rekor MURI atas Jalan Jamin Ginting sebagai Jalan Nasional Terpanjang di Indonesia.
Sumber :
  • BS Putra/MEDAN VIVA

VIVA Medan - Museum Rekor Dunia Indonesia (MURI) menobatkan dan memberikan penghargaan kepada Jalan Letjen Jamin Ginting di Sumatera Utara sebagai nama jalan nasional terpanjang di Indonesia, berstatus nama pahlawan nasional.

Muluskan Langkah Menuju Pilgub Sumut 2024, Edy Rahmayadi Ambil Formulir Pendaftaran ke NasDem

Jalan Jamin Ginting ini, memiliki ruas panjang jalan 71,3 Kilometer yang melintasi Kota Medan, Kabupaten Deliserdang dan Kabupaten Karo hingga perbatasan Sumut dan Aceh di Kabupaten Karo.

Pemberian rekor jalan terpanjang di Indonesia ini dilakukan oleh Direktur Operasional MURI Yusuf Ngadri pada pemberian piagam kepada keluarga Letjen Jamin Ginting di Gedung Wisma Benteng, Jalan Kapt Maulana Lubis, Kota Medan, Rabu 14 Juni 2023.

Disambut Cak Imin, Edy Rahmayadi Hadiri Undangan Bacakada PKB di Jakarta

Dalam penyerahan penghargaan ini, disaksikan langsung Gurbernur Sumut, Edy Rahmayadi, Ketua DPRD Sumut Baskami Ginting, Ketua Yayasan Pahlawan Nasional Jamin Ginting Letjen Purn, Amir Sembiring, serta keluarga dan tokoh masyarakat Suku Karo.

Gubernur Edy Rahmayadi mengatakan bahwa penobatan Jalan Jamin Ginting sebagai jalan nasional terpanjang di Indonesia oleh MURI adalah bentuk penghormatan kepada pahlawan.

Mobil Terseret Arus Sungai Lau Kemiri di Karo, Satu Orang Ditemukan Tewas

Mengingat perjuangan Sang Jenderal yang begitu besar kepada bangsa ini. Sehingga jalur mulai dari titik nol-nya di Kota Medan ke Kecamatan Sibolangit, Kabupaten Deliserdang sampai ke Kecamatan Tigapanah, Kabupaten Karo, tidak terputus, diterima dengan nama jalan yang sama.

“Kenapa sampai seperti itu, ya bahkan Jamin Ginting juga tidak pernah minta. Dan ini adalah penghormatan kita kepada kepahlawanan Jamin Ginting. Sebab, hanya bangsa yang besar yang menghargai pahlawannya. Harusnya ini sampai ke perbatasan Aceh,” kata Gubernur Edy.

Halaman Selanjutnya
img_title