Jelang Idul Adha, Karantina Belawan Cek dan Memastikan Kesehatan Sapi

Petugas Karantina Pertanian Belawan memeriksa
Sumber :

VIVA Medan - Jelang Hari Raya Idul Adha 1444 Hijriah, Karantina Pertanian Belawan melakukan pengecekan langsung ke kandang peternakan sapi milik PT. Lembu Andalas Langkat, Sumatera Utara.

Gerakan ABC Dapur MasteRasa Bagikan 12.000 Paket Kebaikan Ramadan di Medan

Kepala Karantina Pertanian Belawan, Lenny Hartati Harahap menjelaskan pemantauan dan monitoring ini, dilakukan untuk memastikan kesehatan hewan ternak, sapi yang akan disembelih memenuhi standar kesehatan dan layak dikonsumsi serta dilakukan penyembelihan.

“Kami harus memastikan hewan sapi yang tersedia di Instalasi Karantina Hewan (IKH) milik PT. Lembu Andalas Langkat dalam keadaan sehat menjelang Idul Adha berserta kelayakan IKHnya,” kata Lenny, Jumat 2 Juni 2023.

Yayasan Mahija Parahita Nusantara dan Frestea Salurkan Bantuan Kepada Pahlawan Daur Ulang di Medan

Lenny mengungkapkan bahwa ketentuan persyaratan IKH sesuai dengan Permentan nomor 70 tahun 2015 harus memenuhi persyaratan administrasi dan teknis dengan kajian resiko, yang didasarkan pada status dan stuasi hama penyakit hewan Karantina (HPHK) serta jarak populasi rentan dengan lokasi IKH.

Lenny menjelaskan hewan sapi sebelum masuk IKT sudah memiliki nomor barkode (RF.ID) dan tercatat dari negara asal. Dengan itu, terjamin kesehatan hewan ternak tersebut.

Percepatan Penurunan Stunting, Pemprov Sumut Anggarkan Rp370 Miliar Tahun 2024

“Kemudian dilakukan lagi pengambilan sampel darah untuk diuji di laboratorium, guna memastikan bahwa sapi yang masuk sehat dan bebas bakteri brucella," tutur Lenny.

Lebih lanjut lanjut, Lenny mengatakan dalam setiap melakukan pengawasan pihaknya selalu menyarankan untuk selalu memberikan pellet yang sesuai.

Halaman Selanjutnya
img_title