Stasiun Pemantau Gunung Sinabung Terbakar, Diduga Akibat Pembakaran Lahan

Stasiun Pemantauan Gunung Sinabung hangus terbakar.
Sumber :
  • Istimewa/MEDAN VIVA

VIVA Medan - Sebuah Pos Pemantau Gunung Api (PPGA) Sinabung, berlokasi Desa Sigaranggarang, Kecamatan Naman Teran, Kabupaten Karo, Sumatera Utara (Sumut) terbakar, Rabu kemarin, 31 Mei 2023. Sejumlah alat pemantau gunung api itu, ikut terbakar.

Khofifah Serahkan SK Ketua IKA Unair Wilayah Sumut Kepada Bakhrul Khair Amal

Ketua Pos PPGA Sinabung, Armen Putra menjelaskan ketahuan salah satu stasiun pengamatan Gunung Api Sinabung terbakar, setelah tidak mengirimkan perkembangan data ke pos utama. Kemudian, dilakukan pengecekan langsung ke lokasi. Dilakukan pengecekan pada Kamis 1 Juni 2023. Alhasil, di lokasi stasiun PPGA Sinabung sudah hangus, usai terbakar.

“Kami dapati lahan itu terbakar. Alat-alat di stasiun itu terbakar,” kata Armen, Jumat 2 Juni 2023.

Viral Emak-emak di Taput Dituduh Mencuri Kentang Padahal Cuma Pegang, Begini Kronologinya

Armen menjelaskan bahwa kebakaran itu, diduga terjadi Rabu siang, sekitar pukul 14.00 WIB. Karena, setelah itu, stasiun tidak lagi mengirimkan data aktivitas gunung Sinabung ke pos utama, termasuk aktifitas gempa.

"Stasiun ini berfungsi sebagai pendeteksi gelombang seismik untuk memantau aktifitas kegempaan di Sinabung dan titik lainya. Kemudian, stasiun ini juga berfungsi untuk memantau deformasi gunung api Sinabung,” jelas Armen.

Maju Jadi Kandidat Cawagub Sumut 2024, Ketua DPP Pujakesuma Daftar ke Golkar

Armen menyesalkan ada oknum-oknum yang diduga sengaja membersihkan lahan pertanian dengan cara membakar. Namun, tidak melihat situasi sekitarnya, yang bisa membahayakan. Termasuk, ikut terbakarnya Stasiun pemantauan Gunung Sinabung.

Armen mengungkapkan pihaknya masih memiliki sejumlah stasiun di titik lain, untuk memantau aktivitas Gunung Sinabung. Sehingga mereka masih bisa melakukan pemantauan.

Halaman Selanjutnya
img_title