Tanda Tangan Elektronik, Mempercepat Kinerja ASN

Kadis Kominfo Sumut, Ilyas S Sitorus membuka sosialisasi tanda tangan elektronik.
Sumber :
  • Dok Pemprov Sumut

VIVA Medan - Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sumut menyosialisasikan tanda tangan elektronik. Sebuah sistem yang bisa menjadi solusi mempercepat kinerja Aparatur Sipil Negara (ASN).

Dihadapan PKDN Sespimti Polri, Pj Gubernur Sumut Beberkan Strategi Pemilu Sukses

Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika (Kominfo) Sumut, Ilyas S Sitorus, menjelaskan saat ini masalah yang sering terjadi adalah keterlibatan ASN dalam menyelesaikan dokumen-dokumen karena masih menggunakan tanda tangan konvensional.

"Ruang dan waktu menjadi kendala ASN terutama pejabat untuk menandatangani dokumen-dokumen yang dibutuhkan," ucap Ilyas membuka Kegiatan Sosialisasi Pemanfaatan Tanda Tangan Elektronik di Hotel Prime Plaza Kualanamu, Jalan Sultan Serdang, Kabupaten Deliserdang, Rabu kemarin, 31 Mei 2023.

DPRD Deliserdang Usulkan 3 Nama Calon Pj Bupati Gantikan Ali Yusuf Siregar

Ilyas mengungkapkan melalui tanda tangan elektronik, hal tersebut bisa diatasi, karena bisa melakukan tanda tangan dari mana saja menggunakan telepon genggamnya. Tentu ini merupakan inovasi yang bisa mengubah kultur konvensional ke digital dan tentunya mempercepat proses penyelesaian dokumen.

“Penggunaan tanda tangan elektronik membuat kinerja organisasi lebih ringan dan cepat, pejabat tidak perlu repot lagi harus menandatangani dokumen secara manual dalam jumlah besar,” ucap Ilyas.

Indra Simaremare Diusulkan Jadi Calon Pj Bupati Taput Gantikan Nikson Nababan

Yang menjadi banyak pertanyaan terkait tanda tangan elektronik adalah masalah keamanan. Ini bisa diatasi dengan metode verifikasi keaslian dokumen yang menggunakan tanda tangan digital.

“Salah satu aplikasi yang dipresentasikan narasumber hari ini adalah aplikasi Besign, karya Balai Sertifikasi Elektronik, Badan Siber dan Sandi Negara (BSSN), tingkat keamanannya tinggi dan mudah menggunakannya,” kata Ilyas Sitorus.

Halaman Selanjutnya
img_title