Pemprov Sumut Dorong Pemkab/Pemko Terapkan Smart City

Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Sumut, Ilyas Sitorus.
Sumber :
  • Dok Pemprov Sumut

VIVA Medan – Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sumatera Utara mendorong Pemerintah Kabupaten/Kota menerapkan teknologi smart city (kota cerdas) di daerahnya. Hal itu bertujuan untuk meningkatkan keamanan dan efisiensi kebijakan. 

Rapat Paripurna HUT ke-76, Pj Gubernur Pamer Capaian Sumut Lebih Baik dari Nasional

“Pembangunan smart city merupakan inovasi teknologi yang bertujuan meningkatkan kesejahteraan masyarakat dan menjaga ketertiban di lingkungan yang semakin kompleks,” kata Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Sumut Ilyas Sitorus, dalam sambutannya pada pengenalan inovasi teknologi smart city pada Pemerintah Kabupaten/Kota di Hotel Grand Mercure, Jalan Sutomo, Medan, dikutip VIVA Medan, Rabu 31 Mei 2023.

Pada prinsipnya, teknologi smart city merupakan teknologi yang mempermudah pemerintah menjalankan kebijakan dengan efisien. Teknologi ini merupakan solusi keamanan cepat dan efisien untuk jutaan penduduk di Sumut. 

PKS Sumut Siapkan Kader Terbaik dan Potensial untuk Bertarung di Pilkada 2024

“Kami percaya bahwa keberadaan teknologi ini akan sangat membantu pemerintah dalam memperkuat infrastruktur keamanan di seluruh Indonesia,” kata Ilyas.

Meskipun begitu, setiap wilayah memiliki kebutuhan dan ciri khas penerapan smart city yang berbeda-beda. Untuk itu, diperlukan pemahaman yang sama mengenai smart city oleh setiap pihak. 

Ajak Warga Sumut Sukseskan PON 2024, Usung Tagline 'Apa yang Kau Bisa Mainkan'

“Smart city, masing-masing daerah punya requirement berbeda tentang konsep smart city. Ada beberapa yang saya temukan di lapangan, hampir semua dearah mereka punya command center,” kata Regional Business Manager Hikvision Ocha Sandi Wijaya.

Suasana pengenalan inovasi teknologi smart city tersebut sangat santai. Banyak materi yang disampaikan pada kegiatan tersebut. Di antaranya pengembangan kota cerdas, teknologi internet of things, big data, artificial intelligence (AI). 

Halaman Selanjutnya
img_title