Upaya Warga Bahorok Jaga Lingkungan

Wagub Sumut Musa Rajekshah menikmati suasana Bukit Lawang.
Sumber :
  • Istimewa/MEDAN VIVA

VIVA Medan - Sebelum mengikuti Bukit Lawang Orangutan Trail Run, Wakil Gubernur Sumatera Utara, Musa Rajekshah bersama Masyarakat Peduli Sungai Bahorok memberi makan ikan larangan yang tersebar di beberapa lubuk atau bagian sungai yang dalam di depan Junggle Inn Desa Perkebunan Bukit Lawang, Kecamatan Bukit Lawang.

Banjir Bandang Terjang Pemandian Teroh-teroh Langkat, 1 Tewas dan 6 Luka-luka

Ikan larangan atau yang dikenal ikan jurung oleh masyarakat ini sebelumnya telah disebar di sepanjang 2 km di sungai Bahorok 5 bulan yang lalu. Hal ini dilakukan untuk menambah tujuan wisata di Kecamatan Bahorok, Kabupaten Langkat.

“Hari ini bersama Bapak Wagub memberi makan ikan larangan, sebelumnya lima bulan lalu Pak Wagub ikut berkontribusi memberikan 2.000 bibit ikan larangan dan telah kita sebar di beberapa lubuk sepanjang 2 km di sungai ini,” sebut Muhammad Sidiq, Mewakili Masyarakat Peduli Sungai Bahorok, Sabtu 27 Mei 2023.

Pasca Viral di Medsos, BBKSDA Sumut Pastikan Buaya di Sungai Pekatal Medan Berukuran 3 Meter

Penyebaran bibit ikan ini, lanjut Sidiq dilakukan bersama masyarakat di Desa Perkebunan Bukit Lawang, Desa Sampe Raya, Desa Timbang Lawan dan Desa Timbang Jaya.

“Ini komitmen bersama. Sama-sama kita menjaganya supaya nanti kita bisa memanen bersama, ikan ini aset wisata, orang datang kemari tujuan wisatanya selain melihat Orangutan dan arung jeram bisa melihat ikan larangan. Setiap di pertemuan sepeeti perwiritan kita sampaikan agar sama-sama menjaga ikannya, kalau mau mancing ada titik lokasi yang kami siapkan,” katanya.

Golkar antara Ijeck dan Bobby di Pilgubsu, Pengamat Sorot Kepentingan Elit Jakarta

Ikan jurung dari Bahorok, lanjut Sidiq cukup diminati karena dianggap lebih bagus kualitasnya dibandingkan dari sungai lain.

“Banyak orang lebih berminat ikan jurung dari Bahorok katanya lebih bagus kualitasnya karena di sini banyak bebatuan dan arusnya yang deras,” katanya.

Halaman Selanjutnya
img_title