Program Kemandirian Perkebunan dan Pertanian Sukses, Lapas Narkotika Siantar Siap Panen

Warga binaan Lapas Narkotika Pematangsiantar sedang mengelola tanaman tomat.
Sumber :
  • Dok Lapas Narkotika Pematangsiantar

VIVA Medan - Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Narkotika Kelas II A Pematangsiantar sukses melakukan pembinaan kemandirian di bidang perkebunan dan pertanian oleh warga binaan. Kini, berbagai tanaman hortikultura yang ditanam di Lapas Narkotika Kelas II A Pematangsiantar siap dipanen.

Cegah Barang Terlarang Masuk, Petugas Lapas Siborongborong Perketat Pemeriksaan dan Pengawasan

Program pembinaan kemandirian bidang perkebunan dan pertanian oleh warga binaan ini memanfaatkan lahan di Lapas Narkotika Kelas II A Pematangsiantar. Tanaman hortikultura yakni jagung, sawi pakcoy, kacang tanah, tomat dan lainnya memasuki masa pemanenan.

Kepala Lapas Narkotika Kelas II A Pematangsiantar, Robinson Peranginangin mengatakan, program ini merupakan salah satu yang dikelola oleh Seksi Giatja (kegiatan kerja), guna mempersiapkan keahlian warga binaan setelah bebas.

1 Langsung Bebas, 489 Warga Binaan Lapas Siborongborong Terima Remisi

"Kegiatan ini memang salah satu program dari Seksi Giatja untuk mempersiapkan keahlian Warga Binaan agar setelah bebas mereka memiliki kemampuan dan segera mendapatkan pekerjaan sesuai keahlian yang sudah dilatih didalam lapas dan tidak melakukan tindak pidana," sebut Robinson didampingi Kasi Giatja, Ridar dalam keterangan tertulisnya, Jumat 26 Mei 2023.

Kata Robinson, menanam buah dan sayur-sayuran adalah program unggulan yang di lakukan bersama warga binaan, mengingat kondisi daerah cocok dengan pertanian.

583 Warga Binaan Lapas Narkotika Pematangsiantar Terima Remisi, Salat Ied Berlangsung Khidmat

"Saya cukup senang dengan adanya kegiatan kemandirian ini karena kegiatan ini dilakukan sebagai sarana bagi warga binaan yang mempunyai keterampilan di bidangĀ  pertanian untuk tujuan meningkatkan kemampuan warga binaan sesuai bidangnya," tutur Robinson.

Kasi Giatja Lapas Narkotika Kelas IIA Pematangsiantar, Ridar menambahkan, selain untuk mengaktifkan pembinaan kemandirian secara berkelanjutan, hasil panen dari kegiatan perkebunan dan pertanian di Lapas Narkotika Kelas IIA Pematangsiantar juga berkontribusi menyumbang Pendapatan Negara Bukan Pajak (PNBP).

Halaman Selanjutnya
img_title