USU Minta Polisi Bongkar Sindikat Joki UTBK-SNBT, Diduga Melibatkan Bimbingan Belajar

Barang bukti diamankan dari peserta UTBK-SNBT USU yang gunakan jasa joki.
Sumber :
  • Istimewa/MEDAN VIVA

VIVA Medan - Universitas Sumatera Utara (USU) minta pihak kepolisian untuk membongkar sindikat joki Ujian Tulis Berbasis Komputer, Seleksi Nasional Berbasis Tes (UTBK-SNBT) 2023 di USU. Diduga melibatkan bimbingan belajar (Bimbel).

Cetak Mahasiswa Kreatif dan Terampil Berkomunikasi Melalui Pilmapres Unimed 2024

"USU berharap polisi bisa membongkar kasus ini, karena ada dugaan sindikat bimbingan belajar, yang bermain," ucap Kepala Humas, Promosi dan Protokoler USU Amalia Meutia, MPsi, Psikolog, Kamis 11 Mei 2023.

Untuk diketahui sebanyak 7 peserta UTBK-SNBT 2023 di USU diamankan petugas pengawas ujian, Rabu kemarin, 10 Mei 2023. Dimana, tujuh peserta diamankan itu, 4 peserta dari Fakultas Kedokteran USU, Fakultas Keperawatan satu peserta, FISIP satu peserta dan Fakultas Psikologi satu peserta.

Unimed Terima 2.621 Mahasiswa Baru Melalui Jalur SNBP 2024

Kemudian, pihak USU membuat laporan ke Polsek Medan Baru atas temuan kecurangan tersebut. Dengan itu, Amelia mengharapkan pihak kepolisian untuk melakukan upaya hukum.

"Temuan ini, dilaporkan kepada pihak berwajib dengan penanganan dan proses hukum kepada tujuh melakukan kecurangan itu," kata Amelia.

SNBP Tahun 2024, USU Terima 2.244 Mahasiswa Baru

Amelia mengimbau kepada peserta untuk tidak percaya kepada oknum-oknum yang menjanjikan kelulusan, apa lagi terlibat praktek kecurangan.

"USU sendiri tidak mentolerir kecurangan tersebut. Sehingga diambil langkah-langkah hukum diperlukan untuk memberikan efek jera kepada para pelaku," kata Amelia.

Halaman Selanjutnya
img_title