Pelayanan BBM Selama Arus Mudik di Sumut, Pertamina Siagakan 107 SPBU

Direksi Pertamina Patra Niaga Regional Sumbagut.
Sumber :
  • BS Putra/MEDAN VIVA

VIVA Medan - Persiapan pelayanan distribusi Bahan Bakar Minyak (BBM) selama arus mudik Hari Raya Idul Fitri 1444 Hijriah/2023. Pertamina Patra Niaga Regional Sumatera Bagian Utara, menyiapkan ratusan SPBU siaga tersebar di wilayah Sumut ini.

Pedagang Martabak Dipolisikan Dishub Medan, Bobby Nasution Minta Laporan Dicabut

Ratusan SPBU siaga itu, terdiri dari 107 SPBU Siaga, 12 SPBU Kantong, 15 SPBU Motoris, 4 Posko Kesehatan yang berada di SPBU yang jalurnya padat akan pemudik, 309 Sgen LPG PSO Siaga, 367 Agen LPG PSO dan NPSO Siaga, 20.287 Pangkalan LPG PSO dan NPSO Siaga, serta 7 SPBE LPG PSO dan NPSO Siaga.

Hal itu, diungkapkan oleh Executive General Manager Pertamina Patra Niaga Regional Sumbagut Freddy Anwar dalam jumpa pers di Kota Medan, Jumat petang, 14 April 2023. Selain itu, pihak Pertamina juga mengaktifkan Satuan Tugas Ramadan dan Idul Fitri (Satgas RAFI) 1444 H, dimulai sejak 1 April hingga 2 Mei 2023 mendatang.

Memuluskan Langkah ke Pilgub Sumut 2024, Edy Rahmayadi Mendaftar ke PAN

Freddy mengungkapkan Satgas RAFI, dibentuk bertujuan untuk memastikan pasokan dan distribusi energi bagi masyarakat selama bulan Ramadan dan Idul Fitri 1444 H berjalan aman dan lancar.

"Kami menjamin stok BBM dan LPG aman selama Ramadan dan Idul Fitri di Sumatera Utara (Sumut)," ucap Freddy.

Pemprov Sumut Luncurkan Bus Perizinan, Berusaha Semakin Mudah dan PAD Meningkat

Kegiatan ini, dihadiri juga Donny Brilianto SAM Retail Medan, Pande Made Andi S Region Manager Corporate Sales Sumbagut, Riki Madyanto Region Manager Corp. Oprt.& Serv Sumbagut, Freddy Anwar Executive GM Regional Sumbagut, Susanto August Satria Area Manager Comm, Rel, & CSR Sumbagut, Andri Prasetyanto Region Manager HSSE Sumbagut dan Tiara Thesaufi H Region Manager Retail Sales Sumbagut. Ia mengatakan, sarana dan fasilitas (sarfas) penerima dan penyaluran energi di Fuel Terminal (FT) Medan Group, FT Sibolga, FT Pematang Siantar, FT Kisaran, Depot Pengisian Pesawat Udara (DPPU) Kualanamu, DPPU Silangit, Depot LPG Pangkalan Susu, lembaga penyalur serta sub penyalur dalam kondisi baik dan siap untuk melayani. Beberapa upaya Pertamina Patra Niaga Regional Sumbagut dalam pengamanan pasokan BBM dan LPG diantaranya meningkatkan stok BBM dan LPG, menambah mobil tangki (dapat berfungsi sebagai spbu kantong), membentuk posko Satgas RAFI di kantor region, kantor cabang, TBBM dan Depot LPG serta berkoordinasi dengan Dinas Energi Sumber Daya Mineral (ESDM), BPH Migas, Kepolisian, TNI, Dinas Perhubungan, dan dinas terkait lainnya. "Kami menyediakan berbagai fasilitas tambahan atau ekstra selama masa satgas Rafi ini, diantaranya SPBU Siaga, Agen LPG Siaga, Pertashop Siaga, Motoris (layanan delivery untuk BBM bagi konsumen di lokasi-lokasi padat), SPBU Kantong, dan Posko Siaga yang menyediakan free medical check up sekaligus tempat istirahat," jelas Freddy. Selain itu, Ia mengatakan untuk SPBU Kantong telah disiagakan di Kabupaten Karo, Simalungun, Samosir, Humbang Hasudutan, Dairi, Padang Sidempuan, Tapanuli Utara, Toba Samosir, dan Labuhan Batu. Kemudian, SPBU Kantong atau mobile storage adalah mobil tangki berisi BBM yang bersiaga di SPBU, tujuannya untuk mempercepat proses pengisian BBM di SPBU sehingga stok BBM tetap terjaga. Freddy mengatakan, bahwa diprediksi akan terjadi lonjakan konsumsi BBM dan LPG selama Masa Satgas RAFI 1444 H di Sumut. Produk gasoline diprediksi akan terjadi kenaikan konsumsi sebesar 18% persen dari rerata harian normal menjadi 5.750 KL/hari, hal ini terjadi karena peningkatan arus mudik yang didominasi oleh kendaraan pribadi dan sepeda motor, serta sudah tidak diberlakukannya lagi pembatasan kegiatan masyarakat (PPKM). Produk gasoil diperkirakan mengalami penurunan sebesar 5% dari harian normal menjadi 3.273 KL/hari. Penurunan konsumsi gasoil disebabkan karena kegiatan transportasi/logistic mengalami penurunan selama Idul FItri dan adanya kebijakan pembatasan pergerakan kendaraan logistik pada arus mudik dan balik Idul Fitri 1444H Menurut Freddy, untuk estimasi penyaluran LPG PSO dan NPSO saat Satgas RAFI tahun ini mengalami kenaikan sebesar 19,73% dari rerata normal 2023. Kenaikan ini terutama karena meningkatnya aktivitas memasak masyarakat yang sedang berkumpul bersama keluarga.

"Selain itu, meningkatnya pertumbuhan ekonomi dan kegiatan pariwisata juga menjadi kontributor kenaikan konsumsi LPG," sebut Freddy.

Halaman Selanjutnya
img_title