Selama Arus Mudik Lebaran 2023, 2 Gate to Gate Tol di Sumut Dibuka Secara Gratis

Gerbang Tol Tebingtinggi
Sumber :
  • Istimewa/MEDAN VIVA

VIVA Medan - Selama arus mudik Hari Raya Idul Fitri 1444 Hijriah, Jalan Tol Trans Sumatera (JTTS) dengan ruas Kuala Tanjung-Tebing Tinggi-Parapat akan dibuka fungsional tanpa tarif alias gratis bagi pemudik dengan kenderaan roda empatnya.

Rapat Paripurna HUT ke-76, Pj Gubernur Pamer Capaian Sumut Lebih Baik dari Nasional

Hal ini, bertujuan untuk memecahkan kemacetan dan demi kelancaran Lalulintas. Untuk diketahui, dua ruas gate to gate yang nantinya dibuka dan dapat dilalui oleh kendaraan, yaitu Gate Tebingitnggi-Gate Inderapura sepanjang 28,5 km dan Gate Dolok Merawan-Gate Sinaksak sepanjang 15,6 km.

Direktur Utama PT Hutama Marga Waskita, Dindin Solakhuddin, mengungkapkan pihaknya selaku Badan Usaha Jalan Tol (BUJT) sudah menyiapkan operasi dua gate tersebut. Jika sebelumnya kendaraan yang melintas di Jalan Tol Medan-Kualanamu-Tebing Tinggi dari arah Medan dan hendak menuju wilayah lain seperti Kisaran atau Kuala Tanjung harus berakhir di exit Tebingtinggi ke jalan nasional.

Viral! Penampakan Buaya di Kecamatan Medan Labuhan, Begini Kabarnya

"Nantinya, dengan fungsionalnya jalan tol kami, maka kendaraan dapat melanjutkan perjalanannya hingga berakhir di Inderapura," sebut Dindin dalam keterangan tertulis, Rabu 12 April 2023.

Sedangkan fungsionalnya gate Dolok Merawan hingga gate Sinaksak, Dindin berharap menjadi jalur alternatif, bagi kendaraan yang melintas di jalan nasional dari arah kota Medan yang akan menuju Pematangsiantar Jalan Tol Kuala Tanjung-Tebing Tinggi – Parapat sampai dengan saat ini masih dalam tahap konstruksi.

PKS Sumut Siapkan Kader Terbaik dan Potensial untuk Bertarung di Pilkada 2024

Meskipun demikian, Dindin mengatakan setelah melalui evaluasi dan tinjauan lapangan yang dilakukan oleh Direktorat Jenderal Bina Marga, Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT) dan Balai Pelaksana Jalan Nasional (BPJN), Kementerian PUPR, Polda Sumut dalam kurun waktu dua pekan terakhir.

"Kedua, ruas gate to gate ini dinilai, yang paling memungkinkan kesiapannya dari aspek keamanan dan kenyamanan untuk dapat dilintasi bagi kendaraan," ucap Dindin.

Halaman Selanjutnya
img_title