Ketersediaan Pasokan Bahan Pokok Aman, Tidak Jamin Harga Stabil

Kadis Perindag-ESDM Sumut, Mulyadi Simatupang.
Sumber :
  • Dok Pemprov Sumut

VIVA Medan - Ketersediaan pasokan bahan pokok aman, selama bulan suci Ramadan hingga Hari Raya Idul Fitri 1444 Hijrah. Tidak menjamin harga pangan itu, akan stabil di tengah masyarakat. Namun, sebaliknya akan meroket.

Pendaftar PPK Pilkada Serentak 2024 di Sumut Tercatat 8.921 Orang

Hal itu, disampaikan oleh Dinas Perindustrian, Perdagangan, Energi Dan Sumber Daya Mineral (Disperindag-ESDM) Sumatera Utara, Mulyadi Simatupang kepada wartawan, di Kantor Gubernur Sumut, Kota Medan, Rabu 5 April 2023.

"Kenapa dikatakan begitu, kita lihat data dari ketersediaan cukup. Tapi, cukup saja tidak menjamin harga tidak naik. Ternyata di lapangan, walau cukup harga tetap naik. Tetapi, naiknya tidak terlalu signifika," ucap Mulyadi Simatupang.

Reuni Akbar ke-33, STOK Bina Guna Perkenalkan Prodi Baru Satu-satunya di Sumut

Atas hal itu, Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sumatera Utara melakukan sejumlah langkah-langkah kebijakan, untuk mengendalikan harga bahan pokok itu, selama bulan suci Ramadan hingga Lebaran nantinya.

Mulyadi mengungkapkan langkah dilakukan Pemprov Sumut, dengan melakukan intervensi harga kebutuhan pokok, dengan menggelar Pasar Murah, hingga memberikan subsidi harga kebutuhan pokok, dan subsidi pengangkutan logistik.

Bakal Lawan Edy Rahmayadi dan Bobby Nasution di Pilgub Sumut 2024, Ijeck: Bersaing Secara Sehat

"Jadi, kalau sudah melakukan pasar murah. Ini kita, jangan cerita untung. Karena, harga-harga itu, adalah harga-harga untuk menjangkau masyarakat, yang menengah ke bawah atau masyarakat berpenghasilan rendah," jelas Mulyadi.

Mulyadi juga mengimbau masyarakat selama bulan puasa hingga Hari Raya Idul Fitri, untuk tidak melakukan pembelian kebutuhan pokok berlebihan, tapi membeli secukupnya sesuai kebutuhan saja

Halaman Selanjutnya
img_title