Ketersediaan Bahan Pokok Aman Jelang Lebaran 2023, Pemprov Sumut Klaim Harga Terkendali

Kadis Perindag-ESDM Sumut, Mulyadi Simatupang.
Sumber :
  • BS Putra/MEDAN VIVA

VIVA Medan - Dinas Perindustrian, Perdagangan, Energi Dan Sumber Daya Mineral (Disperindag-ESDM) Sumatera Utara, memastikan pasokan dan ketersediaan bahan pokok di Sumut ini, aman saat bulan suci Ramadan hingga Hari Raya Idul Fitri 1444 Hijriah.

Perkuat Daya Saing Perkebunan, Ini 4 Strategi Jitu Disiapkan Pemprov Sumut

Komoditi pangan pasokan dan ketersediaan aman, yakni beras, minyak goreng, gula, cabai merah, bawang dan lainnya. Rata-rata, komoditi bahan pokok pangan pada Maret dan April 2023 mengalami surplus, kecuali kedelai yang mengalami defisit.

Seperti, ketersediaan padi pada April mencapai 1.914.958 ton dengan kebutuhan 157.401 ton. Ketersediaan cabai merah April 104.780 ton dengan kebutuhan 12.722 ton. Kemudian, ketersediaan bawang merah pada April mencapai 70.996 ton dengan kebutuhan 14.951 ton. Ketersediaan daging sapi pada April 3.647 ton dengan kebutuhan 1.367 ton.

Pj Gubernur Sumut Optimis Timnas Indonesia Melaju ke Final Piala Asia U-23

“Kami terus melakukan pemantauan terhadap komoditi pangan di 63 pasar seluruh Sumut, kita masih melihat harga terkendali, contoh beras medium masih dijual di kisaran Rp8.300/kg sampai 9.000/kg,” jelas Kepala Dinas Perindag-ESDM Sumut, Mulyadi Simatupang kepada wartawan, di Kantor Gubernur Sumut, Kota Medan, Senin 3 April 2023.

Didampingi Kepala Bidang Informasi dan Komunikasi Publik (IKP) Dinas Kominfo Sumut, Harvina Zuhra. Mulyadi menjelaskan bahwa harga terkadang masih fluktuasi. Hal tersebut disebabkan oleh mekanisme pasar.

Harga Gula Meroket, Ini Kata Kadis Perindag ESDM Sumut

"Bukan disebabkan terjadinya kelangkaan bahan pokok. Ia memastikan harga-harga yang sudah ditentukan lewat regulasi akan menjadi perhatian utama Pemprov Sumut. Misalnya, harga eceran tertinggi (HET) beras medium, minyak goreng rakyat dan gula pasir," jelas Mulyadi.

Untuk itu, Pemprov Sumut akan terus melakukan monitoring di pasar-pasar rakyat kabupaten/kota. Serta produsen tentang ketersediaan dan harga bahan pokok pangan. Pemprov juga telah mengumpulkan para produsen dan distributor dalam rangka berkolaborasi dalam penyediaan bahan pokok pangan dan kestabilan harga.

Halaman Selanjutnya
img_title