Petanque Sumut Optimis Penuhi Target di PON 2024

Atlet dan pelatih petanque yang akan bertanding di PON 2024.
Sumber :
  • Istimewa/VIVA Medan

VIVA Medan - Cabor petanque Sumatera Utara (Sumut) optimis memenuhi target pada Pekan Olahraga Nasional (PON) XXI/2024 yang digelar di Banda Aceh, Aceh. Target dua medali emas menjadi misi yang diusung petanque Sumut pada pertandingan resmi perdana di PON 2024 ini, setelah di PON Papua tidak dipertandingkan.

Pelari Sumut Nella Agustin Raih Emas 400 Meter Gawang Putri PON 2024

Pelatih Tim Petanque Sumut untuk PON 2024, Ibrahim Sembiring mengatakan target dua emas itu berdasarkan analisis dari Pra PON di Jakarta. Tim Sumut akan bertanding di semua 13 nomor yang tersedia.

"Kita analisis Pra PON di Jakarta untuk menuju PON Papua, kita masuk ranking tiga dari 27 provinsi yang ada cabor petanque. Pada saat itu karena quota dibatasi, jadi perolehan medali dari satu sampai tujuh, otomatis lolos PON untuk semua nomor," jelas Ibrahim di Lapangan Petanque Universitas Negeri Medan, Jumat, 2 Agustus 2024.

Lari Trail Eksebisi di PON 2024, Sumut Bersaing dengan DKI dan Sulsel

"Kita lolos semua nomor, dua emas satu perak dua perunggu, juara umumnya Aceh, juara umum kedua Jawa Timur kemudian Bali, Sulawesi baru DKI dan Jawa Barat," tambahnya.

Sayangnya, tiga bulan setelah Pra PON itu petanque batal diikutsertakan di PON Papua. Ibrahim menegaskan sangat kecewa. Namun, analisis saat itu masih cukup berlaku, ditambah lagi berbagai pertemuan dengan daerah lain di ajang Kejurnas Petanque.

Aflah Fadlan, Perenang Jabar Boyong Medali Emas Perdana di PON 2024

"Dengan analisis itulah sekarang berlanjut, sudah tahun keempat, Sumut ini di ajang Kejurnas tidak pernah dapat emas, tapi selalu ada perak dari setelah Pra PON itu," sebutnya.

Dia mencontohkan saat Kejurnas Petanque di Banten 2022, Sumut juga tidak mendapat emas, melainkan dua perak, dua perunggu. "Dengan sumber daya kita dari situ kami menargetkan ke KONI Sumut, termasuk ke Dispora Sumut yaitu dua medali emas," jelasnya.

Halaman Selanjutnya
img_title