Energen Champion SAC Indonesia 2023, Sakralnya Sumut Bagi Atletik

Gubernur Sumut Edy Rahmayadi bersama Energen Champion SAC Indonesia 2023 di Stadion Unimed.
Sumber :
  • Dok Pemprov Sumut

VIVA Medan - Sumatera Utara (Sumut) dinilai sakral pada cabang olahraga (cabor) atletik, sehingga menjadi alasan ajang kompetisi atletik pelajar terbesar di Indonesia, Energen Champion SAC Indonesia 2023 Sumatera Qualifiers berlangsung di provinsi ini, yang diikuti jumlah 6.023 peserta.

PSAWI Sumut Target 3 Emas PON 2024, Sempat Kesulitan Cari Atlet hingga Disangka Penculik

Energen Champion SAC Indonesia 2023 Sumatera Qualifiers dipersembahkan DBL Indonesia, PB PASI ini digelar di enam kota dan Sumut menjadi lokasi pembuka. Kualifikasi di Pulau Sumatera dengan nama Energen Champion SAC Indonesia 2023 Sumatera Qualifiers berlangsung di Stadion Universitas Negeri Medan (Unimed), 1 sampai 3 September 2023.

Hadir dalam pembukaan kejuaraan tersebut, Sekretaris Jenderal (Sekjen) Pengurus Besar PASI, Tigor Tanjung dan Ketua Penyelenggara Kejuaraan Atletik Pelajar atau Student Athletics Championship (SAC), Azrul Ananda. Keduanya itu, memberikan apresiasi kepada Gubernur Sumut, Edy Rahmayadi yang memberikan dukungan terhadap pengembangan dunia olahraga dalam persiapan atlet menuju PON Aceh-Sumut 2024.

Bakal Lawan Edy Rahmayadi dan Bobby Nasution di Pilgub Sumut 2024, Ijeck: Bersaing Secara Sehat

Apresiasi tersebut disampaikan Tigor Tanjung pada kegiatan SAC Indonesia yang diselenggarakan oleh PT Deteksi Basket Lintas (DBL) Indonesia bersama Pengprov PASI Sumut. Tigor Tanjung yang mewakili Ketua PB PASI Luhut Pandjaitan, mengatakan bahwa kegiatan ini merupakan ide dan gagasan dari organisasi cabang olahraga untuk mendapatkan bibit atletik lebih banyak, terutama dari kalangan pelajar.

“Dengan penyelenggaraan SAC ini, kami sangat bahagia karena sambutan sekolah-sekolah luar biasa. Dan ini membuat kita bisa lebih fanatik memburu atlet. Mereka adalah pelajar yang sebagian besar masih polos pengetahuannya. Namun kita percaya akan ditemukan atlet andal yang bisa membela nama bangsa di kancah internasional,” ucap Tigor dalam keterangan tertulis, Sabtu 2 September 2023.

Sosok Pemimpin Semua Golongan, BKPRMI Sumut Dukung Ijeck Maju di Pilgub Sumut

Namun antusiasme peserta yang mencapai 6.000 lebih di Sumut ini, kata Tigor, tidak terlepas dari sosok Gubernur Edy Rahmayadi yang memberikan perhatiannya kepada perkembangan dunia olahraga, khususnya pencarian bibit muda untuk dilatih menjadi atlet berprestasi.

“Ini tahun kedua, dan kita memilih melaksanakan SAC di sini. Kalau sampai Sumut dilewatkan, saya rasa itu salah besar. Karena pertama, provinsi ini adalah gudang atlet berprestasi luar biasa, contohnya Mardi Lestari, Abdul Hafiz (SEA Games), Parluatan Siregar, Sukraj Singh dan lainnya. Kedua, nggak banyak Gubernur seperti beliau (Edy Rahmayadi) yang pro atletik,” kata Tigor.

Halaman Selanjutnya
img_title