Anggap Pelatda Pemborosan, Karate Sumut Minta Terapkan Sentralisasi Atlet PON 2024

Atlet karate Sumut.
Sumber :
  • Istimewa/VIVA Medan

VIVA Medan - Pemusatan latihan darah (Pelatda) Sumatera Utara (Sumut) yang sedang berjalan dianggap pemborosan oleh Federasi Olahraga Karate-Do Indonesia (Forki) Sumut. Sedangkan di PON 2024, karate Sumut target 4 medali emas.

Siap Laksanakan Peparnas 2024, Pj Gubernur Sumut : Kita Senang Jadi Tuan Rumah

PON 2024, Forki Sumut ingin mengembalikan tradisi medali emas yang sempat hilang di PON Papua XX/2021. Targetnya kini tak tanggung, empat emas langsung menjadi incaran pada PON Sumut - Aceh XXI/2024 mendatang.

Sekretaris Umum Forki Sumut, Zulkarnaen Purba menjelaskan, ada 17 nomor yang dipertandingkan di PON 2024. Empat nomor di antaranya harus menjadi milik Sumut namun dengan beberapa catatan.

Percasi Sumut Siapkan 5 Pecatur Putri Tampil di PON 2024

"Kita dari PON XV sampai PON XIX selalu dapat emas. Untuk PON XXI ini, target 4 medali emas. Tapi, tentu ada proses menuju target itu. Kami meminta Dispora dan KONI Sumut untuk memenuhinya. Kalau tidak didukung proses ini, tentu kami tidak akan memenuhi target itu," ungkap Zulkarnaen Purba yang hadir sendiri mewakili Forki Sumut di Posko Publikasi PON 2024 wilayah Sumut, Rabu 30 Agustus 2023.

Dukungan yang dimaksud Zulkarnaen seperti sentralisasi atlet yang harus digelar secepatnya.

Pemprov Sumut Optimalkan Teknologi Informasi dalam Sukseskan Penyelenggaraan PON 2024

"Saat ini kan sedang pelatda berjalan. Ini pemborosan. Harusnya dipilih saja mana yang memungkinkan untuk sentralisasi tadi," terangnya.

Selain itu, Zulkarnaen yang sudah menangani tim Forki Sumut sejak 1989 ini memberi fokus kepada sarana dan prasarana. Selama ini, Forki Sumut belum pernah menerima bantuan peralatan.

Halaman Selanjutnya
img_title