Gubernur Sumut Dorong Talent Scouting Atlet, Cari Bibit Unggul untuk Hadapi PON 2024

Gubernur Sumut, Edy Rahmayadi dorong talent scouting cari bibit atlet Sumut.
Sumber :
  • Dok Pemprov Sumut

VIVA Medan - Arahan Gubernur Sumatera Utara (Sumut) Edy Rahmayadi kepada Pengurus Provinsi (Pengprov) Cabang olahraga (Cabor) untuk melakukan talent scouting di tahun 2021 mulai membuahkan hasil. Beberapa talenta muda berhasil diseleksi Pengprov PBSVI Sumut, Taekwondo Indonesia (TI) Sumut, dan Persatuan Olahraga Berkuda Seluruh Indonesia (Pordasi) Sumut.

Bakal Lawan Edy Rahmayadi dan Bobby Nasution di Pilgub Sumut 2024, Ijeck: Bersaing Secara Sehat

Atlet-atlet muda ini didapatkan dari berbagai kejuaraan dan seleksi yang dilakukan masing-masing Pengprov. Atlet-atlet muda tersebut kemudian akan dilatih menjadi atlet profesional Sumut dengan target jangka pendek mendulang emas di PON Aceh-Sumut 2024.

Misalnya atlet voli, dari talent scouting sejak tahun 2021 menemukan beberapa pemain berstandar nasional. Indikator pertama PBVSI Sumut adalah tinggi badan dan rata-rata pemain yang mereka dapatkan 190 cm untuk pria dan 185 cm untuk wanita.

Sosok Pemimpin Semua Golongan, BKPRMI Sumut Dukung Ijeck Maju di Pilgub Sumut

”Kita butuh tim yang solid, untuk itu kalian berlatihlah dengan sungguh-sungguh, tetapi harus terukur, nutrisinya, berat latihannya, karena saya tidak mau mereka nantinya malah cedera karena kita push sekuat tenaga,” ucap Edy Rahmayadi, di acara silaturahmi atlet Taekwondo, Voli dan Berkuda Sumut di Aula Raja Inal Siregar, Jalan Diponegoro, Kota Medan, Kamis kemarin, 15 Juni 2023.

Mantan Pangkostrad itu, juga mengingatkan agar mental juara para atlet harus dibentuk, apalagi untuk atlet-atlet muda. Salah satu caranya adalah bertanding melawan tim-tim yang levelnya lebih tinggi dari mereka.

Giliran Demokrat, Edy Rahmayadi Ambil Formulir Pendaftaran Cagub Sumut 2024

”Mental juara kalian itu harus dibentuk, datangkan pelatih yang jago, cari sparing partner yang di atas kalin dan ikut kompetisi bergengsi, memang banyak mengeluarkan uang, tetapi kalau mau juara ya seperti itulah upaya kita, omong kosong kita mau juara, tapi pendanaan sedikit,” kata Edy Rahmayadi.

Ketua Pengprov PBVSI Sumut, Wiko Lovino Siregar mengatakan, pihaknya telah memprogramkan talent scouting sejak 2022 melalui berbagai kejuaraan di 33 Kabupaten/Kota. PBVSI Sumut kemudian menyeleksi dengan standar nasional.

Halaman Selanjutnya
img_title