Perdana Dipertandingkan, Barongsai Sumut Bidik 3 Emas PON 2024

Ketua Pengprov FOBI Sumut, Peter Suhendra (tengah).
Sumber :
  • Istimewa/MEDAN VIVA

VIVA Medan - Barongsai secara resmi dipertandingkan perdana di Pekan Olahraga Nasional (PON) XXI/2024 Aceh-Sumut. Ajang tersebut, barongsai Sumut target 6 medali, tiga diantaranya optimis raih emas.

Xtrim Medan Gelar Event MAX-5, Ratusan Crosser Tanah Air akan Hadir

Hal tersebut dikatakan Ketua Pengurus Federasi Olahraga Barongsai Indonesia (FOBI) Sumatera Utara (Sumut), Peter Suhendra di Posko Publikasi PON XXI/2024 Kantor Dispora Sumut, Jalan Williem Iskandar, Senin 5 Juni 2023. Katanya, keenam medali tersebut meliputi, 3 emas, 2 perak, dan 1 perunggu.

"Walaupun perdana dipertandingkan di arena PON namun sebagai tuan rumah kita yakin dengan target (6 medali) ini," kata Peter didampingi Sekretaris, Bobby C Halim.

PSAWI Sumut Target 3 Emas PON 2024, Sempat Kesulitan Cari Atlet hingga Disangka Penculik

Di PON 2024 nanti, cabor barongsai mempertandingkan 10 nomor lomba. Masing-masing, Naga Taolu Bebas, Naga Kecepatan, Naga Halang Rintang, Barongsai Taolu Bebas, Barongsai Taolu Tradisional, Barongsai Kecepatan, Barongsai Halang Rintang, Barongsai Ketangkasan ZUO TOU, Pekingsai Taolu Bebas, dan Pekingsai Kecepatan.

Peter menegaskan, alasan pihaknya pasang target tersebut berkaca dari prestasi yang diraih atlet Sumut pada Kejurnas Barongsai di Yogyakarta pada akhir 2022 lalu. Di sana, tim Barongsai Sumut meraih medali di nomor Pekingsai yakni 1 perunggu taolo bebas, 1 perunggu kecepatan dan di Tradisional 1 perak dan 1 perunggu Malang Melintang serta 1 perunggu di Kecepatan.

Selebgram Chandrika Chika Ditangkap dan Tersangka Kasus Narkoba, Profilnya Mengejutkan

"Hasil ini sudah membuktikan kita bisa bersaing di tingkat nasional," yakin Peter.

Hanya saja, Peter masih memerlukan kekuatan penuh berupa penambahan atlet untuk memenuhi kuota 31 atlet yang akan bertanding di PON nanti. Sementara saat ini, FOBI Sumut baru memiliki 13 atlet yang sudah ikut dalam pemusatan latihan daerah (pelatda) Sumut. Ke-13 atlet itu terbagi dalam 8 orang di nomor Tradisional dan 5 orang di nomor Pekingsai.

Halaman Selanjutnya
img_title