Harta Karun Litium Ditemukan di Indonesia, Luhut: Besar Sekali

Menko Marves, Luhut Binsar Pandjaitan
Sumber :
  • Fanpage Luhut Binsar Pandjaitan

VIVA Medan - 'Harta karun' ditemukan di Indonesia dalam jumlah yang sangat besar, yakni litium yang merupakan bahan baku yang sangat penting untuk pembuatan baterai yang digunakan pada kendaraan listrik. Dengan temuan itu, maka melengkapi potensi sumber daya lama khususnya untuk pengembangan kendaraan listrik yang dimiliki Indonesia yakni nikel dan kobalt.

Xtrim Medan Gelar Event MAX-5, Ratusan Crosser Tanah Air akan Hadir

Temuan ini diungkap Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi (Menko Marves) Luhut Binsar Pandjaitan yang mengaku menerima laporan terkait penemuan litium yang sangat besar di Indonesia.

"Saya baru mendapat laporan kemarin, ditemukan sumber litium yang besar sekali di Indonesia," ucap Luhut dalam konferensi pers secara virtual melansor VIVA.co.id, Jumat, 22 Desember 2023.

Timnas Indonesia Jaga Asa di Piala Asia U-23 Usai Bungkam Australia, Ini Kata Shin Tae-yong

Kata Luhut, penemuan litium ini sangat penting bagi Indonesia dalam mengembangkan produksi baterai kendaraan listrik. Bahkan, kata dia, Indonesia sempat ingin bekerja sama dengan Australia untuk mendapatkan litium.

"Kita mau cari dari Australia, sekarang kita punya litium dan besar sekali," ungkapnya.

Pemprov Sumut Catatkan Realisasi Pendapatan Daerah Capai Rp12,7 Triliun

Baterai untuk mobil listrik buatan Hyundai Energy Indonesia.

Photo :
  • VIVA

Meski demikian, Luhut belum dapat membeberkan secara jelas di mana lokasi penemuan litium yang merupakan harta karun bagi Indonesia. Dengan temuan itu, maka melengkapi potensi sumber daya lama khususnya untuk pengembangan kendaraan listrik yang dimiliki Indonesia yakni nikel dan kobalt. Litium merupakan salah satu komponen bahan baku baterai kendaraan listrik (electric vehicle/EV).

Halaman Selanjutnya
img_title