Nomor Urut Capres dan Cawapres Pilpres 2024: Anies-Muhaimin 1, Prabowo-Gibran 2, Ganjar-Mahfud 3

Penetapan nomor urut Capres dan Cawapres Pilpres 2024.
Sumber :
  • VIVA/Zendy Pradana

VIVA - Pasangan calon presiden (Capres) dan calon wakil presiden (Cawapres) telah menetapkan nomor urut yang digelar Komisi Pemilihan Umum (KPU) pada menggelar pengundian dan penetapan tiga pasangan kontestan di Pemilihan Presiden (Pilpres) 2024. Penetapan berlangsung di Gedung KPU, Jakarta, Selasa, 14 November 2023.

Datangi Markas NasDem, Edy Rahmayadi Serahkan Berkas Pendaftaran Bacalon Gubernur Sumut 2024

Dari hasil pengundian dan penetapan itu, pasangan Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar dapat nomor 1, Ganjar Pranowo-Mahfud MD nomor 3, dan pasangan Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka nomor 2.

Dalam mekanisme kali ini, para capres cawapres mengambil nomor antrean terlebih dulu. Pun, pengambilan nomor antrean itu berdasarkan urutan kedatangan saat pendaftaran pasangan capres-cawapres dalam kurun waktu 19-25 Oktober 2023.

Seleksi Tertulis Calon Anggota PPK di Nias Barat Tidak Sistem CAT

Saat pengundian nomor, Ketua KPU RI Hasyim Asyari mempersilakan tiga figur cawapres untuk maju ke depan terlebih dulu mengambil nomor antrean. Nama pertama cawapres yang dipanggil adalah Muhaimin Iskandar.

Lalu, cawapres berikutnya yang dipersilakan maju ke depan adalah Mahfud MD. Selanjutnya, adalah Gibran Rakabuming Raka.

Pemilu 14 Februari 2024, Tercatat Pengguna Hak Pilih di Sumut Capai 75,08 Persen

"Berdasarkan tata tertib mekanisme pengambilan nomor urut diambil dari nomor antrean yang sudah diambil," kata Hasyim di gedung KPU, Jakarta, Selasa, 14 November 2023.

Capres Pilpres 2024, Anies Baswedan, Prabowo Subianto dan Ganjar Pranowo.

Photo :
  • Biro Setpres
Halaman Selanjutnya
img_title