Terbang dari Bandara Kualanamu, Jokowi Bertolak ke Afrika dan akan Kunjungi 4 Negara

Presiden RI, Joko Widodo.
Sumber :
  • Fanpage Joko Widodo

VIVA Medan - Usai melakukan serangkaian kegiatan di Sumatera Utara, Presiden RI, Joko Widodo langsung bertolak ke Afrika melalui Bandara Kualanamu Internasional Airport, Kabupaten Deli Serdang, Minggu siang, 20 Agustus 2023, sekitar pukul 10.55 WIB.

Muluskan Langkah Menuju Pilgub Sumut 2024, Edy Rahmayadi Ambil Formulir Pendaftaran ke NasDem

Jokowi akan melakukan empat negara di Afrika, yakni Kenya, Tanzania, Mozambik, dan Afrika Selatan. Tampak menemani mantan Gubernur DKI itu dalam kunjungan tersebut, yaitu Menko Maritim dan Investasi Luhut Binsar Panjaitan, Mensesneg Pratikno, dan delegasi terbatas lainnya.

Keberangkatan Presiden Jokowi, dilepas Gubernur Sumut, Edy Rahmayadi dari Bandara Kualanamu. Sebelumnya, mantan Walikota Solo itu, melakukan kunjungan di Sumut selama dua hari.

Disambut Cak Imin, Edy Rahmayadi Hadiri Undangan Bacakada PKB di Jakarta

"Hari ini saya dengan delegasi terbatas akan bertolak menuju ke Afrika. Kami akan berkunjung ke empat negara yaitu Kenya Tanzania, Mozambik dan Afrika Selatan. Dan ini merupakan kunjungan pertama saya sebagai presiden ke kawasan Afrika," ucap Jokowi saat konferensi pers di Bandara Kualanamu.

Jokowi mengungakapkan kunjungan ini, tidak lepas mempererat hubungan bilateral antara Indonesia dan Afrika memiliki hubungan historis yang panjang. Satu diantaranya Indonesia adalah penggagas sekaligus tuan rumah Konferensi Asia Afrika di Bandung, pada 1955.

Polda Sumut Gagalkan Penyelundupan Sabu 1,9 Kg di Bandara Kualanamu

"Indonesia juga berperan penting dalam melahirkan gerakan non-blok saat itu. Spirit Bandung inilah yang akan saya bawa dalam kunjungan ke Afrika dengan memperkokoh solidaritas dan kerja sama di antara negara-negara Global South," tutur Presiden Jokowi.

Presiden RI, Jokowi.

Photo :
  • Istimewa/MEDAN VIVA
Halaman Selanjutnya
img_title