Ini Lajur Baru Ujian SIM Motor, Resmi Hari Ini Berlaku Seluruh Indonesia

Pemohon SIM C motor melakukan ujicoba jalur baru.
Sumber :
  • VIVA

VIVA - Pemohon Surat Izin Mengemudi C alias SIM Motor siap-siap ujian praktik dengan lajur baru bentuk sirkuit 'S' yang resmi diterapkan di seluruh Tanah Air mulai hari ini, Senin, 7 Agustus 2023. Ada perubahan jalur yang diterapkan dari lajur sebelumnya.

Pasca Libur Lebaran, Pemohon SIM di Satlantas Polresta Deli Serdang Meningkat

Sebelum resmi diterapkan, tim VIVA sempat menjadi yang pertama berkesempatan menjejal lajur baru ini. Setelah rampung menjajal, bisa dibilang lajur baru ini sangat mudah jika dibandingkan lajur sebelumnya yang memiliki manuver slalom membentuk angka 8 dan zig-zag.

Pertama-tama, calon pemohon SIM tentu diminta memakai helm yang telah disediakan dan mengambil motor yang juga disiapkan. Kemudian, sebelum memulai tes, pemohon harus menoleh dulu ke sebelah kanan belakang.

Seram! Mobil Tertabrak Kereta Api di Deliserdang, 4 Orang Tewas

Hal ini menggambarkan kalau sebelum berkendara, pemohon harus melihat apakah di belakang ada kendaraan lain yang sedang melintas atau tidak, agar tidak terjadi tabrakan dari belakang.

Kemudian, penguji akan menjelaskan dulu langkah-langkah tes. Pertama, kaki tidak boleh turun dari atas motor selama melintasi lajur. Kaki cuma boleh berhenti di perhentian awal yang menggambarkan pemohon berada di lampu merah. Di sana, kita diminta berhenti sebelum ada yellow box seperti yang ada di jalan raya pada umumnya.

Masinis KA Sempat Terjepit Usai Tabrakan dengan Truk di Sergai, KAI Siap Tempuh Jalur Hukum

Ujicoba jalur baru untuk SIM C motor.

Photo :
  • VIVA

Saat berhenti, kaki kiri lah yang harus turun bukan kaki kanan. Setelah lampu jadi hijau, barulah pemohon dipersilakan melanjutkan ujian melintasi lajur baru. Pada rintangan pertama, pemohon akan dihadapi dengan lajur U turn. Setelahnya pemohon kembali jalan lurus lalu dihadapkan kada belokan pertama.

Halaman Selanjutnya
img_title