Kemhan Mendominasi Belanja Barang Semester I-2023 Capai Rp21,5 T, Disusul PUPR

Kantor Kemenhan RI.
Sumber :
  • Dok Kemenhan

VIVA - Kementerian Pertahanan (Kemhan) mendominasi belanja barang pada semester I-2023. Belanja barang Kementerian yang dipimpin oleh Prabowo Subianto itu mencapai Rp21,5 triliun.

Pj Gubernur Sumut Kampanyekan Pilkada 2024 Aman, Damai dan Sejuk

Hal ini diungkapan Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati saat rapat bersama Badan Anggaran DPR RI dikutip Selasa, 11 Juli 2023. Katanya, total belanja barang pada semester I-2023 sebesar Rp147,4 triliun. Jumlah itu naik 2 persen dibandingkan periode yang sama pada 2022 yang sebesar Rp144,6 triliun.

"Kalau kita lihat komponen yang dominan dari belanja barang adalah di Kementerian Pertahanan Rp21,5 triliun," kata Sri Mulyani.

Caleg Berasal dari 11 Kabupaten/Kota Ajukan PHPU ke MK, Ini Kata KPU Sumut

Dia menjelaskan, untuk belanja di Kementerian Pertahanan itu digunakan untuk pemeliharaan, perawatan, dan peningkatan matra darat, laut, udara, dan alutsista.

"Ini yang disampaikan dengan Kemenhan banyak membeli alat-alat sistem dan pertahanan, maka konsekuensinya belanja barang akan meningkat pada tahun-tahun sesudahnya. Karena setiap peralatan itu harus dipelihara dan dirawat," ujarnya.

Pendaftar PPK Pilkada Serentak 2024 di Sumut Tercatat 8.921 Orang

Untuk urutan kedua belanja barang terbesar kata Sri Mulyani, ada di Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR). Belanja di Kementerian PUPR tercatat mencapai Rp14,9 triliun.

Presiden Joko Widodo meninjau langsung jalan rusak parah di Labura, Sumut.

Photo :
  • Istimewa/MEDAN VIVA
Halaman Selanjutnya
img_title